Cara Membagi Keuangan Bulanan

Cara Membagi Keuangan Bulanan

Gaji yang didapat tiap bulan sebaiknya dilakukan pembagian dengan tepat agar memenuhi kebutuhan bulanan. Karena itu kalian perlu ketahui langkah membagi gaji bulanan di bawah ini.

Berapa kecil atau besar gaji yang kalian terima harus tetap dipisah supaya memenuhi semua kebutuhan kalian.

Karena beberapa orang yang tidak membagi gajinya dengan sesuai hingga gaji yang diterimanya tidak memenuhi. Tidak dapat membagi, tapi juga tidak dapat mengelola anggaran yang perlu dikeluarkan sesudah gajinya diterima.

Beberapa orang yang lebih sukai dipakai untuk bergembira pada awal bulan seperti pergi dan kongkow bersama rekan-rekan tanpa mempertimbangkan lebih dulu untuk kebutuhan yang lebih bernilai. Mendadak baru berasa mendekati bulan akhir uang gaji cuman sisa sedikit.

Oleh karena itu langkah membagi uang gaji bulanan sangat dibutuhkan. Bukanlah hal yang gampang untuk yang belum terlatih menerapkannya.

Namun bila untuk kesehatan keuangan kalian, pasti mau tidak mau kalian harus pelajarinya. Supaya kalian dapat membagikan gaji secara baik, kalian dapat ikuti langkah membagikan uang gaji bulanan di bawah ini.

Panduan Membagi Uang Gaji Bulanan yang Efisien

Langkah Membagi Gaji Bulanan

Beberapa referensi panduan dan langkah pembagian gaji bulanan berikut ini bisa kalian terapkan sama sesuai kekuatan dan kemauan kalian. Sudah pasti kami cuman bisa memberi anjurannya, permasalahan sukses atau tidak bergantung pada niat dan stabilitas kalian.

Prosentasekan Pembagian Gaji

Pertama untuk langkah membagi gaji bulanan untuk kebutuhan sebulan yang perlu kalian lihat ialah membagi persentase gaji. Nilai persentase dapat kalian tetapkan sesuai kebutuhan kalian.

Untuk kebutuhan pokok janganlah sampai kurang dari 50% dari keseluruhan gaji, karena kebutuhan pokok membutuhkan bujet yang semakin banyak dari kebutuhan yang lain.

Sesudah kalian memakai 50% dari keseluruhan gaji untuk kebutuhan pokok, karena itu bekasnya harus kalian bagi untuk kebutuhan lainnya contoh 30% untuk ditabungkan, 10% untuk bayar bill dan 10% kembali untuk ongkos genting.

Bila diibaratkan kalian mempunyai gaji bersih Rp.4.000.000, karena itu berikut contoh perhitungannya:

– 50 % (2.000.0000) untuk kebutuhan pokok khusus, kebutuhan dapur, bayar kos (bila belum mempunyai rumah sendiri), kebutuhan makan, kebutuhan transportasi, bill bulanan (air,listrik, wifi), dan kebutuhan keadaanonal yang lain.
– 30% (1.200.000) untuk ditabungkan di rekening baik rekening individu, rekening ongkos pengajaran anak atau rekening polis untuk asuransi.
– 10 % (400.000) untuk bayar bill contoh angsuran credit, arisan bulanan, atau bill yang lain.
– 10% (400.000) untuk dipakai sebagai dana genting contoh seperti beli obat saat sakit, acara saudara, undangan menikah dan lain-lain.

Penghitungan di atas hanya sebagai contoh saja, untuk nilai persentase bisa berlainan tidak harus sama dengan contoh di atas. Kalian harus tetap tentukan sesuai keadaan kalian, bisa jadi kalian cuman membutuhkan untuk penuhi kebutuhan pokok bulanan, sekolah dan menabung saja.

Ada pula rekomendasi langkah membagikan gaji bulanan dari Elizabeth Warren Senator US yakni 50% untuk kebutuhan pokok, 30 % untuk senang-senang dan bekasnya 20% untuk menabung.

Dan persentase pembagian uang gaji bulanan yang lain yakni 40% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk bayar bill angsuran bulanan, 20% untuk di tabung atau investasi dan bekasnya 10% untuk dana genting atau beramal.

Dan langkah membagikan gaji bulanan menurut islam dengan formulasi 1-1-1. Yakni pembagian ke kepentingan keluarga, sedekah dan untuk modal kembali.

Jadi contoh kalian memiliki gaji tiga juta. 1 juta untuk kepentingan keluarga, 1 juta untuk sedekah, dan 1 juta kembali untuk modal kembali.

Menulis Tiap Pengeluaran Harian

Langkah membagikan gaji bulanan dengan menulis pengeluaran tiap hari sangat efisien untuk mengatur supaya pengeluaran tidak banyak yang menyebabkan boros.

Panduan untuk menulis pengeluaran ialah bila kalian sudah usai beli barang apa saja janganlah lupa untuk minta tanda terima atau nota yang kelak dapat kalian pakai untuk menulis pengeluaran. Bila tidak diberi nota selekasnya tulis saja di catatan yang ada di handphone kalian untuk menahan lupa.

Janganlah sampai lupa untuk mencatat semua pengeluaran harian, agar terlihat berapakah pengeluaran harian kalian hingga dapat digunakan untuk memperbandingkan dengan pengeluaran-pengeluaran awalnya.

Anggarkan Pengeluaran Mingguan

Umumnya banyak yang cuman membudgetkan.membujetkan dana cuman untuk sebulan saja, tapi ada langkah membagikan gaji bulanan yang lebih efisien yakni membudgetkan.membujetkan dana pengeluaran tiap minggu.

Walau gaji yang kalian terima tiap sebulan sekali, kalian bisa juga membudgetkan.membujetkan pengeluaran untuk mingguan. Ini dipandang lebih ringkas dan pas untuk pengeluaran dapur di mana umumnya memang kebutuhan dapur cepat basi dan tidak tahan lama.

Disamping itu pengeluaran mingguan lebih efisien, dana yang telah dibujetkan bisa ditempatkan ke amplop atau dompet khusus dan harus cukup buat kebutuhan sepanjang 1 minggu.

Nominal uang yang sudah dipakai harus dibalikkan ke amplop kembali untuk menghindar tercampur dengan uang lainnya. Pakai uang kontan dan tidak boleh menggunakan kartu credit.

Kalian dapat mempersiapkan 5 amplop dengan warna yang lain dan dikasih info nama sama sesuai kebutuhan semacam ini misalkan : amplop merah untuk kebutuhan dana genting, amplop hijau untuk menabung atau tabungan , amplop kuning untuk kebutuhan pokok, amplop biru untuk bayar angsuran bulanan, dan amplop orange untuk senang-senang atau berlibur.

Pergi dengan Arif

Saat bekerja pasti ada peristiwa yang umum membuat kalian kesal, bimbang hingga suasana hati jadi turun. Karena itu kalian perlu untuk keluar zone itu yakni dengan membahagiakan diri pergi di beberapa tempat yang dapat membuat refresh dan fresh kembali.

Dalam pergi umumnya tidak dilaksanakan tiap hari, tapi cuman saat saat tertentu. Semua bergantung pada rencana dan yang hendak jalani. Umumnya ada yang perlu menabung dahulu sekian hari atau minggu atau bulan baru dapat nikmati pergi.

Misalnya kalian akan lakukan beberapa hal berikut:

– Pergi Berbelanja bersama rekan kalian lakukan pada bulan Maret dengan bujet Rp.500.000.
– Pergi ke arah tempat rekreasi dengan keluarga kalian di bulan April dengan bujet Rp.400.000.
– Pergi menonton di bioskop bersama rekan kalian pada bulan Mei dengan bujet Rp. 150.000
– Dan ada banyak kembali aktivitas yang lain

Pokoknya uang dipakai sama sesuai kepentingan dan tidak boros, karena tidak harus setiap waktu pergi. Kalian bisa juga bergembira di dalam rumah ditambah saat ini banyak referensi selingan yang dapat dijangkau secara mudah di program berbayar yang ramah kantong. Atau bisa juga dengan mengundang rekan ke rumah, jadi tak perlu ribet keluar dari rumah.

Jauhi Utang Konsumtif

Selainnya mengaplikasikan langkah membagikan penghasilan bulanan secara baik, kalian harus juga menghindar rutinitas jelek berhutang.

Utang memang bisa dilaksanakan bila untuk kondisi yang sangat menekan, kenapa saya menjelaskan semacam ini karena utang itu bila sering dilaksanakan akan mempengaruhi kesehatan keuangan kalian. Untuk yang tidak betul-betul mempertimbangkannya secara baik dapat berpengaruh benar-benar fatal.

Uang gaji kalian langsung bisa habis untuk bayar utang saja bila kalian hidup terlampau konsumtif untuk beberapa hal yang tak perlu.

Umumnya beberapa orang sekarang ini berhutang tidak untuk dipakai membuat usaha tapi lebih dipakai untuk penuhi pola hidup . Maka semestinya dapat untuk balik modal untuk bayar utang justru harus keduk lobang tutup lobang.

Karena itu utang konsumtif itu ibarat mengikat dan semakin lama jadi candu terus menerus menambahkan utang tanpa menghitung kekuatan bayar utangnya.

Ditambah bila kalian inginkan suatu hal harus mempunyai hari itu walau sebenarnya tidak mempunyai cukup uang, karena itu kalian jangan memaksa diri tahan saja lebih dulu karenan kemauan itu belum pasti kalian perlu.

Belum juga jika memiliki tanggungan angsuran bulanan dan uang yang kalian punyai cukup hanya karena itu. Harus kalian harus bersabar dulu, tidak boleh terlampau memaksa diri dan ujungnya harus lari ke utang.

Lebih bagus menabung sampai cukup buat beli kontan dibanding berhutang yang justru akan menambahkan beban pemikiran dan tanggungan kalian.

Kerjakan Investasi

Investasi di zaman saat ini bukan jadi rahasia kembali, beberapa orang berlomba lakukan investasi untuk agunan hidup di periode tua. Memang investasi sekarang ini telah makin mahal, tapi kalian mulai bisa melakukan investasi pada harga cukup ramah kantong dengan beli emas.

Investasi emas beberapa keuntungan yang dapat kalian peroleh, selainnya harga lebih konstan kalian dapat membeli sama ukuran yang bermacam tidak harus langsung mahal dan besar. Tetapi lebih bagus dikit demi sedikit dan jadi banyak.

Selainnya emas kalian bisa juga investasi tabungan deposito, dengan opsi periode saat yang bermacam uang yang kalian tabungkan di deposito dapat semakin bertambah dari bunga tahunan. Makin lama diletakkan semakin banyak bunga yang kalian terima.

Seterusnya bisa juga investasi saham. Namun untuk yang mengetahui dunia saham luar dalam, lebih bagus jangan mencoba-coba investasi saham karena risikonya cukup. Pikir dan pertimbangkan dengan matang bila ingin melakukan investasi saham.

Panduan Membagikan Uang Gaji Bulanan yang Efisien

Dalam langkah membagikan gaji bulanan dengan sistem persentase, kalian dapat tentukan persentase kebutuhan lebih dulu selanjutnya diterapkan dengan mengalikan dengan gaji.

Sesudah dari hasil gaji bertemu kalian bisa langsung membagikan uangnya sama sesuai nilai persentase dan menempatkannya di dompet atau amplop yang telah dipersiapkan untuk menyimpan uang.

Yang lebih bernilai kembali janganlah sampai memakai dana kebutuhan lain, bila dana yang telah dipersiapkan untuk penuhi kebutuhan tertentu telah habis. Kalian harus memakai dana seperti yang sudah kalian untuk jangan mengusik dana-dana yang lain.

Kalian harus juga stabil, cermat dan disiplin dalam jalankan pembagian gaji, bila gaji kalian naik tentu saja kalian tinggal beradaptasi saja. Ingat tidak boleh boros dan terlalu berlebih dalam memakai uang, ariflah dalam membelanjakannya.

Sampai di sini ulasan ini kali mengenai langkah membagikan gaji bulanan, selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses. Janganlah lupa sharing ke rekan-rekan kalian bila berguna.

Jika ada yang kurang dimengerti atau ada pertanyaan mengenai langkah membagikan pengeluaran keuangan bulanan, silakan meninggalkan komentar di kolom yanhmg sudah kami siapkan. Terima kasih sudah baca.

Kata Kunci
Cara Mengelola Manajemen Keuangan ,Mengatur Keuangan Perusahaan ,Mengatur Keuangan Gaji 4 Juta ,Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta ,Mengatur Gaji 5 Juta ,Mengatur Gaji 1 Juta Per Bulan ,Menabung Gaji 2 Juta ,Menabung Dengan Gaji 2 Juta ,Cara Mengontrol Keuangan ,Cara Manajemen Keuangan Pribadi ,Cara Mengelola Keuangan Yang Baik ,Cara Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga ,Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 6 Juta ,Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta ,Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta ,Cara Mengatur Keuangan 50 30 20 ,Cara Mengatur Gaji 6 Juta Per Bulan ,Cara Mengatasi Keuangan Rumah Tangga ,Cara Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta ,Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta