Cara membatasi topik karya ilmiah

Cara membatasi topik karya ilmiah adalah memperhatikan konsep yang akan diajukan, variabel penelitian, dan ketersediaan data.

Yuk, kita simak pembahasan berikut.

Karya ilmiah adalah tulisan yang berisi tentang fenomena yang ditulis berdasarkan kenyataan. Informasi dalam karya ilmiah terdiri atas fakta, data, serta solusi yang coba dipecahkan melalui suatu kajian.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menulis karya ilmiah adalah menentukan topik penelitian/pembahasan. Topik adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang akan disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan sebuah topik adalah sebagai berikut.
(1) Topik yang dipilih bersifat aktual atau merupakan isu yang masih hangat.
(2) Skala masalah, permasalahan tersebut merupakan masalah lokal atau global.
(3) Urgensi masalah, topik yang dipilih hendaknya bersifat sangat penting dan mendesak sehingga hasil penelitian dapat memiliki manfaat bagi pembaca.

Setelah menentukan topik, penulis karya ilmiah harus membatasi topik/masalah yang akan diangkat. Topik yang terlalu luas akan menghasilkan tulisan yang dangkal sehingga sulit dibahas, tidak mendalam, dan tidak tuntas untuk dibahas. Berdasarkan hal tersebut, maka pembahasan akan menjadi tidak fokus pada masalah utama yang ditulis atau dibaca. Akibatnya, pembahasan menjadi panjang, namun tidak berisi dan dimengerti. Oleh karena itu, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk membatasi topik:
(1) Konsep yang akan diajukan: sebelum membuat karya ilmiah, sebaiknya penulis membuat sebuah rancangan dari topik yang dipilih.
(2) Variabel penelitian: variabel yang dipilih dalam penelitian hendaknya memang bisa diteliti dan terdapat indikator (teori) yang melandasi variabel tersebut.
(3) Ketersediaan data: karya ilmiah adalah sebuat tulisan yang berdasarkan sebuah fakta dan data sehingga sangat penting bagi penulis melakukan riset terlebih dahulu terhadap data yang dibutuhkan.

Dengan demikian, cara membatasi topik karya ilmiah adalah memperhatikan konsep yang akan diajukan, variabel penelitian, dan ketersediaan data.

Semoga membantu.

Check Also

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah?

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah? Jawaban Naftol adalah senyawa …