apa sifat pembahasan topik kritik esai?

Sifat pembahasan topik kritik esai adalah objektif.

Yuk, kita simak pembahasan berikut.

Kritik merupakan tanggapan yang disertai dengan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hal. Kritik harus disertai alasan yang jelas dan membangun, bukan menjatuhkan. Dalam menyampaikan kritik, kita juga bisa memberikan saran atau solusi.

Esai diartikan sebagai karangan singkat yang membahas suatu masalah dari sudut pandang pribadi penulisnya. Masalah yang dibahas dalam esai merupakan masalah yang aktual dari berbagai bidang, seperti kesusastraan, kebudayaan, iptek, atau politik.

Prinsip penulisan kritik dan esai adalah sebagai berikut.
(1) Pokok persoalan yang dibahas harus layak untuk diulas. Hasil ulasannya pun harus memberikan keterangan atau memperlihatkan sebab-musabab yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang nyata.
(2) Pendekatan yang digunakan harus jelas, apakah persoalan didekati dengan pendekatan faktual atau imajinatif.
(3) Ulasan yang menggunakan pendekatan faktual harus didukung oleh fakta yang nyata dan objektif. Penulis tidak boleh mengubah fakta untuk mendukung pandangannya.
(4) Pernyataan yang diungkapkan harus jelas, tidak samar-samar, harus dapat dipercaya, tidak disangsikan atau disangkal, dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Berdasarkan pemaparan tersebut, kritik dan esai haruslah bersifat objektif. Artinya adalah pembahasan harus sesuai dengan kondisi nyata dan juga disertai bukti-bukti faktual.

Dengan demikian, sifat pembahasan topik kritik esai adalah objektif.

Semoga membantu.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …