bagaimana ketentuan pendapat dalam debat

Ketentuan pendapat dalam debat adalah 1) memberikan pendapat yang objektif, dan hindari pendapat yang bersifat subjektif. 2) tidak apriori, 3) jangan emosi karena jika emosi saat menyampaikan pendapat, akan membuat pandangan menjadi subjektif, 4) berikan argumen yang logis atau pendapat yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan, dan 5) gunakan ragam bahasa yang resmi karena forum debat pasti menggunakan ragam bahasa yang resmi.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan.

Berikut beberapa ketentuan pendapat dalam debat:
1. Memberikan pendapat yang objektif, dan hindari pendapat yang bersifat subjektif. Pendapat subjektif biasanya mengedepankan emosional. Berbeda dengan pendapat objektif yang sangat berlandaskan pada kemampuan berpikir dan logika.
2. Tidak apriori, atau tidak beranggapan sebelum mengetahui keadaan yang sebenarnya.
3. Jangan emosi karena jika emosi saat menyampaikan pendapat, akan membuat pandangan menjadi subjektif.
4. Berikan argumen yang logis atau pendapat yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan.
5. Ragam bahasa yang resmi karena forum debat pasti menggunakan ragam bahasa yang resmi.

Dengan demikian, ketentuan pendapat dalam debat adalah 1) memberikan pendapat yang objektif, dan hindari pendapat yang bersifat subjektif. 2) tidak apriori, 3) jangan emosi karena jika emosi saat menyampaikan pendapat, akan membuat pandangan menjadi subjektif, 4) berikan argumen yang logis atau pendapat yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan, dan 5) gunakan ragam bahasa yang resmi karena forum debat pasti menggunakan ragam bahasa yang resmi.

Semoga membantu 🙂

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …