menurut bintarto dan surastopo ada 5 tahap perkembangan geografi, sebutkan tahap geografi dan pengertian

menurut bintarto dan surastopo ada 5 tahap perkembangan geografi, sebutkan tahap geografi dan pengertian

jawaban :

1.Geografi Klasik: Pada masa ini manusia mulai mengenal ilmu geografi. Seorang ilmuwan georgrafi klasik asal Yunani yaitu Eratosthenes memberi nama ilmu ini sebagai γεωγραφία (geographía). Geografi pada masa klasik ditandai dengan catatan pengamatan yang dihubungkan dengan berbagai mitologi zaman kuno. Namun seiring perkembangannya, geografi klasik mulai didasari atas logika dan fakta lapangan. Geografi klasik juga mulai dikembangkan oleh para ilmuwan muslim pada era keemasan.

2.Geografi Abad Pertengahan: Ilmu geografi pada abad pertengahan lebih banyak digunakan sebagai pedoman ilmu bagi para penjelajah asal Eropa yang mengelilingi dunia. Penjelajah tersebut membutuhkan ilmu yang dapat membantu mereka menemukan rempah-rempah, bahan dapur yang pada masa renaisans sangat berharga di kalangan bangsawan Eropa, dan menjalankan mandat 3G (gold, glory, gospel).

3.Geografi Modern: Setelah ilmu geografi pada masa geografi abad pertengahan yang hanya berupa catatan perjalanan dikembangkan, geografi pada masa modern mulai mengalami perubahan dengan dianggapnya geografi sebagai sebuah disiplin ilmu ilmiah.

4.Geografi Akhir Abad ke 19 dan Awal Abad ke 20: Pada masa ini geografi lebih berfokus pada kajian bentang alam, iklim, flora dan fauna, dsb. Kajian manusia kurang diperhatikan pada saat itu. Ilmu geologi yang mempelajari komposisi, struktur, dan sejarah Bumi lebih diperhatikan dengan menggunakan metode geologi pula dalam penelitiannya.

5.Geografi Mutakhir: Merupakan ilmu geografi yang kita kenal sekarang. Geografi mutakhir berfokus pada usaha pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi manusia pada saat ini.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …