Sebutkan ciri kehidupan masyarakat pada masa bercocok tanam!

Ciri kehidupan masyarakat pada masa bercocok tanam, yaitu:

1. Tempat tinggal manusianya sudah menetap.
2. Perubahan dari food gathering ke food producing.
3. Masyarakatnya mengenal bercocok tanam dan beternak.
4. Masyarakatnya mengenal sistem pertukaran barang atau barter.
5. Alat-alat batu sudah diasah dan dihias.
6. Ditemukannya kebudayaan kapak lonjong dan kapak persegi.
7. Masyarakatnya telah mengenal pakaian
8. Terdapat sistem kepercayaan animisme dan dinamisme

Pembahasan.
Masa bercocok tanam yaitu suatu masa dimana saat manusia mulai memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan hutan belukar buat dijadikan ladang dan memelihara hewan dengan beternak. Masa bercocok tanam sering disebut sebagai masa revolusi kebudayaan karena terjadi perubahan besar pada berbagai corak kehidupan masyarakat praaksara.

Mereka tidak lagi berpindah-pindah tempat atau nomaden, tetapi menetap di suatu wilayah. Masyarakat masa bercocok tanam hidup secara berkelompok dan membentuk perkampungan kecil.

Dalam sebuah kampung biasanya terdiri dari beberapa keluarga dan hidup secara gotong royong dengan sistem pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki. Misalnya para laki-laki bertugas membangun rumah, sementara kaum perempuan akan merawat dan menghiasnya. Masyarakat pada masa bercocok tanam mengenal kepercayaan. Secara umum, sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam dapat dibagi ke dalam dua aliran, yaitu animisme dan dinamisme. Manusia pada masa bercocok tanam diduga sudah mengenal pakaian.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …