Salah satu dampak buruk televisi terhadap anak adalah obesitas. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, rata-rata anak menonton televisi selama minimal empat jam setiap hari. Saat menonton televisi, anak akan mengkonsumsi makanan ringan sebagai camilan. Camilan yang disukai oleh kebanyakan anak adalah camilan tidak sehat, misalnya minuman kaleng dan makanan berbahan pengawet. Camilan tidak sehat tersebut dapat memengaruhi kesehatan anak sehingga anak berisiko lebih besar terserang penyakit. Penyakit yang sering ditimbulkan oleh camilan-camilan tersebut adalah obesitas. Keadaan tersebut akan diperparah jika anak tidak pernah melakukan olahraga. Informasi penting dalam penelitian tersebut adalah …

Informasi penting dalam penelitian di atas adalah dampak buruk televisi terhadap anak adalah obesitas.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Informasi adalah kumpulan penjelasan yang disampaikan pada khalayak. Informasi bersifat penting sehingga dalam bentuk teks menjadi inti suatu pembahasan.

Cara menemukan informasi dalam sebuah teks adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks secara keseluruhan dengan saksama.
2. Temukan gagasan utama di setiap paragraf.
3. Catat gagasan utama tersebut.
4. Susunlah informasi sesuai dengan gagasan utama tersebut.
5. Cocokan informasi yang didapatkan dengan teksnya.

Berdasarkan penjelasan, informasi penting dalam teks di atas adalah dampak buruk televisi terhadap anak adalah obesitas. Hal tersebut sesuai dengan gagasan utama teks di atas yang terdapat dalam kalimat (1), yaitu “Salah satu dampak buruk televisi terhadap anak adalah obesitas.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …