Jelaskan aspek yang membentuk pandangan dunia pengarang!

Jelaskan aspek yang membentuk pandangan dunia pengarang!

Aspek yang membentuk pandangan dunia pengarang, yakni 1) hubungan antara konteks sosial dalam novel dengan konteks sosial kehidupan nyata, dan 2) hubungan latar sosial budaya pengarang dengan novel yang dihasilkannya.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Pandangan dunia pengarang merupakan keseluruhan gagasan, aspirasi, dan perasaan pengarang terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Pandangan dunia terbentuk atas aspek beberapa aspek, yaitu:

1. Hubungan antara konteks sosial dalam novel dengan konteks sosial kehidupan nyata. Hal ini berkaitan dengan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata sehari-hari yang dimunculkan dalam novel oleh pengarang.
2. Hubungan latar sosial budaya pengarang dengan novel yang dihasilkannya. Hal ini berkaitan dengan latar belakang sosial budaya kehidupan pribadi pengarang yang mendorong terciptanya novel dengan latar yang sama.

Dengan demikian, aspek yang membentuk pandangan dunia pengarang, yakni 1) hubungan antara konteks sosial dalam novel dengan konteks sosial kehidupan nyata, dan 2) hubungan latar sosial budaya pengarang dengan novel yang dihasilkannya.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …