Bagaimana cara menafsir pandangan pengarang?

Bagaimana cara menafsir pandangan pengarang?

Cara menafsir pandangan pengarang, yaitu 1) membaca keseluruhan isi novel, 2) memahami isi novel secara mendalam, 3) mengetahui biografi atau kehidupan pengarang, dan 4) mengaitkan kehidupan pengarang dengan kehidupan dalam novel.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Pandangan pengarang dalam novel adalah keseluruhan gagasan, aspirasi, dan perasaan pengarang terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Untuk mengetahui pandangan pengarang, perlu dilakukan interpretasi. Interpretasi terhadap pandangan pengarang adalah memberi kesan kepada pandangan pengarang baik berupa apresiasi maupun berupa kritik yang mencakup nilai budaya, sosial, agama, moral, pendidikan, dan sebagainya.

Terdapat empat langkah dalam menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan novel yang dibaca, yaitu:

1. Membaca keseluruhan isi novel.
2. Memahami isi novel secara mendalam.
3. Mengetahui biografi atau kehidupan pengarang.
4. Mengaitkan kehidupan pengarang dengan kehidupan dalam novel.

Dengan demikian, cara menafsir pandangan pengarang, yaitu 1) membaca keseluruhan isi novel, 2) memahami isi novel secara mendalam, 3) mengetahui biografi atau kehidupan pengarang, dan 4) mengaitkan kehidupan pengarang dengan kehidupan dalam novel.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …