sebutkan syarat-syarat penentuan topik atau masalah karya ilmiah

sebutkan syarat-syarat penentuan topik atau masalah karya ilmiah

Syarat-syarat penentuan topik atau masalah karya ilmiah, yaitu 1) topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti, 2) topik yang dipilih haruslah topik yang bisa diteliti oleh peneliti, 3) data cukup tersedia atau obtainable data, dan 4) topik memiliki kegunaan praktis, bermanfaat, dan penting untuk diteliti.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Karya ilmiah merupakan tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah yang disusun seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Syarat-syarat menentukan topik karya ilmiah, yaitu:
1. Topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti. Topik penelitian yang sesuai dengan minat peneliti akan menumbuhkan semangat dan gairah tersendiri bagi peneliti saat melakukan penelitian. Masalah yang menarik namun tidak sesuai dengan minat peneliti akan memberikan hasil yang kurang memuaskan.
2. Topik yang dipilih haruslah topik yang bisa diteliti oleh peneliti. Artinya, peneliti mempunyai kemampuan melakukan penelitian tersebut
3. Data cukup tersedia atau obtainable data. Artinya, data di lapangan cukup tersedia dan mudah diperoleh, sehingga peneliti dimudahkan dalam pembuatan laporan.
4. Topik memiliki kegunaan praktis, bermanfaat, dan penting untuk diteliti.

Berdasarkan penjelasan tersebut, syarat-syarat penentuan topik atau masalah karya ilmiah, yaitu 1) topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti, 2) topik yang dipilih haruslah topik yang bisa diteliti oleh peneliti, 3) data cukup tersedia atau obtainable data, dan 4) topik memiliki kegunaan praktis, bermanfaat, dan penting untuk diteliti.

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …