5 faktor pendukung suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia!

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah:
1. Citra tanah air.
2. Kesamaan nasib dan perjuangan.
3. Penggunaan bahasa Indonesia.
4. Semangat Persatuan dan Kesatuan.
5. Nilai-Nilai Luhur.

Berikut ini penjelasannya:
Berikut ini lima faktor pendukung dari suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia, yaitu:

1. Citra tanah air.
Adanya rasa cinta tanah air membuat nilai kebangsaan dalam diri masyarakat semakin tinggi. Nah, rasa cinta tanah air ini akan membuat adanya rasa ingin berkorban demi kepentingan negara daripada kepentingan pribadi. Rasa cinta tanah air ini juga dapat menambah solidaritas antarmasyarakat sehingga rasa bela negara semakin tinggi.

2. Kesamaan nasib dan perjuangan.
Adanya rasa senasib dan seperjuangan sebagai warga negara yang pernah terjajah membuat integrasi nasional bangsa menjadi tumbuh di dalam kehidupan masyarakat.
Rasa senasib dan seperjuangan ini didapatkan dari sejarah bangsa Indonesia yang pernah dijajah lama oleh bangsa Barat. Hal inilah yang menumbulkan rasa persatuan dan kesatuan dalam diri bangsa Indonesia.

3. Penggunaan bahasa Indonesia.
Bangsa Indonesia memiliki keberagaman yang kaya salah satunya bahasa yang menjadi alat komunikasi setiap daerah yang berbeda.
Nah, perbedaan bahasa daerah ini kemudian di satukan dengan adanya bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional membuat komunikasi antarmasyarat yang berbeda daerah menjadi lebih mudah dalam membentuk integrasi nasional.

4. Semangat Persatuan dan Kesatuan.
Semangat persatuan dan kesatuan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan salah satu faktor pendukung integrasi nasional bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan bisa membuat masyarakat saling bahu membahu untuk membuat Indonesia menjadi lebih maju.

5. Nilai-Nilai Luhur.
Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yaitu Pancasila mengandung semangat gotong royong, dan toleransi bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur inilah yang menjadi faktor pendukung integrasi nasional bagi bangsa Indonesia karena bisa mewujudkan kebersamaan dan kekeluargaan dalam masyarakat.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …