contoh ancaman di bidang pertahanan dan keamanan

Jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah agresi dan invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase dan spionase serta aksi teror.

Simak pembahasan berikut ya.
Integrasi nasional sangatlah penting demi keamanan dan keutuhan negara. Oleh karena itu negara serta warga negara harus menjaga keutuhan dan keamanan ini dari berbagai macam ancaman, salah satunya adalah ancaman di bidang pertahanan dan keamanan negara. Adapun ancaman pada bidang pertahanan dan keamanan tersebut antara lain:
1. Agresi dan Invasi
Suatu negara yang melakukan agresi terhadap negara lain adalah ancaman bagi kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia.
2. Pelanggaran Wilayah
Pelanggaran wilayah ini mencakup wilayah laut, udara dan daratan wilayah Indonesia oleh negara lain. Wilayah Indonesia yang sangat luas pun menjadi peluang dari terjadinya pelanggaran wilayah ini.
3. Pemberontakan Bersenjata
Terjadinya kasus rasisme menyebabkan terjadinya pemberontakan bersenjata antar suku dan ras. Hal tersebut menyebabkan adanya disintegrasi bangsa.
4. Sabotase dan Spionase
Indonesia memiliki sejumlah objek vital nasional dan instalasi strategis yang rawan terhadap aksi sabotase. Sedangkan kegiatan spionase dilakukan oleh agen-agen rahasia untuk mencari dan mendapatkan rahasia pertahanan suatu negara dari negara lain.
5. Aksi Teror.
Aksi teror merupakan bentuk kegiatan dengan menyebarkan rasa takut yang berlebihan serta dengan kekerasan yang dapat menimbulkan korban.

Jadi, contoh ancaman di bidang pertahanan dan keamanan diantaranya adalah agresi dan invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase dan spionase, serta aksi teror.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …