Apa rumus kimia Meta kloroanilina

Jawabannya adalah rumus kimia dari m-kloroanilina C6H5-NH2Cl yang strukturnya terlampir pada gambar dibawah ini, ya.

Untuk lebih jelasnya, yuk disimak pembahasan di bawah ini.
Senyawa benzena lebih mudah mengalami reaksi substitusi daripada reaksi adisi. Hal ini disebabkan adanya ikatan rangkap yang berkonjugasi (selang-seling) dan selalu berpindah-pindah (beresonansi).
Dalam sistem panamaan IUPAC, benzena dianggap sebagai rantai induk seperti halnya rantai terpanjang pada alkana. Namun, banyak turunan benzena yang memiliki nama khusus yang lebih lazim digunakan, misalnya, gugus amina (NH2-) yang terikat pada benzena disebut anilina.
Benzena yang sudah tersubstitusi dapat mengalami substitusi lebih lanjut. Substituen yang terikat pada benzena dapat menentukan arah substituen berikutnya. Sebagian substituen mengarahkan substituen kedua ke posisi orto-para, sebagian yang lain mengarahkan ke posisi meta.
Untuk penamaannya, benzena yang memiliki 2 substituen, posisi substituen dinyatakan dengan awalan orto (o) untuk posisi substituen pada atom karbon nomor 1 dan nomor 2, meta (m) untuk posisi substituen pada atom karbon nomor 1 dan 3, dan para (p) untuk posisi substituen pada atom karbon nomor 1 dan 4.

Dari penjelasan diatas, pada senyawa m-kloroanilina, benzena mengikat substituen NH2 dan Cl berturut-turut di nomor 1 dan 3. Hal ini karena substituen NH2 lebih prioritas daripada substituen Cl. Rumus kimianya adalah C6H5-NH2Cl dengan struktur seperti gambar yang terlampir dibawah ini.

Jadi, rumus kimia dari m-kloroanilina C6H5-NH2Cl dengan struktur yang terlampir pada gambar.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …