Tarakan, Kalimantan Timur dikuasai Jepang pada tanggal

Jawabannya adalah 12 Januari 1942.

Yuk simak pembahasannya!

Wilayah pertama yang dikuasai oleh Jepang di Indonesia adalah Tarakan. Jepang berhasil mendarat di Tarakan pada 11 Januari 1942 di bawah pimpinan Shizuo Sakaguchi. Pertempuran sengit terjadi, sedikitnya 255 orang Kekaisaran Jepang tewas dan 817 orang Belanda menjadi tawanan Jepang dan dieksekusi mati dengan cara dipenggal kepalanya menggunakan samurai atau ditenggelamkan hidup-hidup ke dalam kolam minyak yang tumpah. Akhirnya Tararakan jatuh ke tangan Jepang pada tanggal 12 Januari 1942.

Tarakan adalah sebuah pulau di timur laut Kalimantan. Pada masa kolonial Tarakan menjadi ladang minyak bagi Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM). Minyak di sana sudah dicari sejak 1897. Minyak membuat pulau ini jadi penting untuk dipertahankan Hindia Belanda dan sekaligus menjadi alasan utama Jepang mengincar wilayah ini untuk dikuasai. Jepang mengincar minyak di kota ini sebagai penunjang dalam Perang Asia Timur Raya.

Dengan demikian, Tarakan, Kalimantan Timur dikuasai Jepang pada tanggal 12 Januari 1942.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …