Akibat benda yang bergerak mendekati cahaya sebagai konsekuensi relativitas khusus yang diungkapakan oleh Einstein adalah

Jawabannya adalah benda akan terlihat memendek, massa benda tersebut akan bertambah dan selang waktu bertambah.

Soal ini mengenai teori relativitas khusus. Teori relativitas khusus didasarkan pada dua postulat, yaitu:
1. Hukum fisika dapat dinyatakan dalam bentuk matematis yang sama meskipun diamati dari kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap terhadap kerangka acuan yang lain.
2. Kelajuan cahaya di segala arah adalah sama untuk semua pengamat, tidak tergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamat.

Einstein menyadari bahwa saat bergerak dengan kecepatan cahaya, benda akan terlihat memendek. Pemendekan ini disebut dengan kontraksi panjang atau konstraksi Lorentz. Saat benda bergerak mendekati kecepatan cahaya, massa benda tersebut akan bertambah dan selang waktu bertambah.

Jadi akibat benda yang bergerak mendekati cahaya sebagai konsekuensi relativitas khusus yang diungkapakan oleh Einstein adalah benda akan terlihat memendek, massa benda tersebut akan bertambah dan selang waktu bertambah.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …