Jelaskan fungsi pernyataan argumentatif dalam proposal

Fungsi dari paragraf argumentasi adalah untuk meyakinkan serta mempengaruhi penerima ajuan agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis proposal dan mendukung rencana kegiatan dalam proposal.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Teks proposal tersusun atas beberapa kaidah kebahasaan di antaranya pernyataan argumentatif, pernyataan persuasif, kata-kata teknis, kata kerja tindakan, kata pendefinisian, kata perincian, kata keakanan, dan kata denotatif.

Pernyataan argumentatif pada sebuah proposal merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan hasil penelitian, data, teori ahli dan ide pribadi penulisnya.

Fungsi dari pernyataan argumentasi pada proposal adalah untuk meyakinkan serta mempengaruhi penerima ajuan agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis proposal dan mendukung rencana kegiatan dalam proposal.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari paragraf argumentasi adalah untuk meyakinkan serta mempengaruhi penerima ajuan agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis proposal dan mendukung rencana kegiatan dalam proposal.

Check Also

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat Jawaban Ilmu pemerintahan merupakan suatu …