Jelaskan masalah yang dibahas dalam KTT GNB

Jadi, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I GNB di Beograd, Yugoslavia membahas tentang masalah pemberantasan imperialisme dan kolonialisme, penghentian percobaan senjata atom dan nuklir, dan pengusahaan perdamaian antara Blok Barat dengan Blok Timur.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Gerakan Non-Blok (GNB) atau Non Align Movement (NAM) adalah suatu gerakan yang dipelopori oleh negara-negara dunia ketiga yang beranggotakan lebih dari 100 negara-negara yang berusaha menjalankan kebijakan luar negeri yang tidak memihak dan tidak menganggap dirinya beraliansi dengan Blok Barat atau Blok Timur. Pembentukan organisasi Gerakan Non Blok bermula dari Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika yang diadakan di Bandung, Indonesia pada tahun 1955. Disana negara-negara yang tidak berpihak pada blok tertentu, mendeklarasikan keinginan mereka untuk tidak berpihak dalam Blok Barat maupun Blok Timur.

Pertemuan pertama Gerakan Non Blok berlangsung dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I di Beograd, Yugoslavia 1-6 September 1961 yang dihadiri oleh 25 negara dari Asia dan Afrika. Dalam KTT tersebut dibahas beberapa masalah pokok, yaitu:
1. Pemberantasan imperialisme dan kolonialisme.
2. Penghentian percobaan senjata atom dan nuklir.
3.Pengusahaan perdamaian antara Blok Barat dengan Blok Timur.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.