Perusahaan tekstil “Mulia Karya” memiliki karyawan berjumlah seratus orang, sebagian karyawan di PHK karena perusahaan tersebut menggunakan mesin yang berteknologi . Pemilik perusahaan pun memanggil bagian manajemenuntuk memberikan uang pesangon bagi pegawai yang di-PHK. Cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah melalui bidang manajemen adalah

Perusahaan tekstil “Mulia Karya” memiliki karyawan berjumlah seratus orang, sebagian karyawan di PHK karena perusahaan tersebut menggunakan mesin yang berteknologi . Pemilik perusahaan pun memanggil bagian manajemenuntuk memberikan uang pesangon bagi pegawai yang di-PHK. Cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah melalui bidang manajemen adalah ….

a. manajemen produksi dengan menggunakan mesin hasil produksi dapat menghasilkan lebih banyak
b. manajemen pemasaran dapat memperluas pemasaran produk dengan membuka cabang di luar kota
c. Manajemen menambah pengalokasian dana untuk memperbesar produksi
d. manajemen personalia mengurangi tenaga kerja karena diganti dengan mesin teknologi
e. manajemen keuangan mengalokasikan dana dan menghitung pesangon yang akan diberikan

Jawaban: D

Penjelasan:
Berdasarkan kasus pada soal, diketahui bahwa perusahaan melakukan PHK terhadap sebagian karyawannya. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut menggunakan mesin berteknologi tinggi sehingga tidak lagi membutuhkan pekerja dalam jumlah yang banyak. Dapat dikatakan juga bahwa penggunaan tenaga kerja pada perusahaan tidak lagi produktif dan kalau hal ini terus dipertahankan justru akan menambah beban perusahaan dalam menggaji sehingga perlu dilakukan PHK. Hal yang berkaitan dengan pemberhentian pekerja merupakan tugas dari manajemen personalia. Dalam hal ini, manajemen personalia harus mengurangi tenaga kerja karena perusahaan sudah beralih pada mesin berteknologi tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D. Manajemen personalia mengurangi tenaga kerja karena diganti dengan mesin teknologi.