kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat

Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen adalah termasuk  jenis  Resmi (formal). Debat adalah suatu kegiatan mengungkapkan argumentasi antara dua atau lebih yang bersifat perorangan atau kelompok bertujuan untuk memutus masalah dan perbedaan.

Penjelasan:

Berdasarkan bentuk, metode serta maksudnya debat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Debat resmi bertujuan untuk memberi kesempatan bagi dua tim pembicara untuk mengungkapkan kepada pendengar beberapa argumen yang menunjang atau menambah suatu usul.
  • Debat majelis bertujuan  untuk menambahi atau memberi dukungan bagi anggota yang ingin mengungkapkan pandangan serta pendapatnya.
  • Debat pemeriksaan ulang  untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan terdahulu tujuan debat ini adalah menanyakan sebaris pembahasan yang berkaitan erat antara satu sama lain, hal ini akan mengakibatkan orang yang tanya akan menopang kondisi yang akan berdiri dan diteguhkan oleh pengujinya.

Debat memiliki beberapa tujuan antara lain melatih untuk bersikap kritis terhadap semua materi yang diperdebatkan, meningkatkan kemampuan dalam merespon suatu masalah, melatih mental atau keberanian mengemukakan pendapat dihadapan khalayak umum, dan melatih diri untuk mematahkan pendapat orang lain yang merupakan lawan debat.

Ada 4 struktur debat, antara lain: pengenalan, penyampaian argumentasi, debat dan kesimpulan.

Check Also

Teks hikayat adalah

Teks hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa. yakni merupakan karya sastra lama Melayu …