Perlindungan dan penegakan hukum merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka pengamanan, pengawasan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi manusia. Perlindungan dan penegakan hukum tersebut sangat penting agar .

Jawabannya adalah
Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum bagi warga negara adalah untuk menjamin dan menciptakan lingkungan di masyarakat yang adil, damai dan sejahtera tanpa adanya pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum lainnya. Penegakan hukum harus seadil-adilnya tanpa adanya diskrimanasi terhadap yang lemah.

Yuk simak penjelasannya
Perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia terlah diatur dan tertulis di UUD 1945 yaitu pada pasal 28D ayan 1 yang berbunyi setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakukan yang sama di hadapan hukum. selain itu, penegakan hukum memang harus ditegakan oleh setiap warga negara untuk menciptakan keadilan, kedamaian serta keamanan rakyat sendiri. hal ini dapat diwujudkan dengan menegakan supremasi hukum, atau kekuatan mutlak dari hukum yang mengatur tindakan maupun pergaulan warga negara, sehingga tindakan dan pergaulan berjalan sesuai hukum, menegakan keadilan, dan mewujudkan perdamaian.

Dengan demikian pentingnya penegakan hukum bagi warga negara adalah untuk menjamin dan menciptakan lingkungan di masyarakat yang adil, damai dan sejahtera tanpa adanya pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum lainnya.

Check Also

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat untuk laporan penelitian

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat …