cara untuk mempertahankan norma adalah..

cara untuk mempertahankan norma adalah..

Jawabannya yaitu mematuhi norma tersebut, membiasakan mengamalkan norma dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajak orang lain untuk mematuhi norma tersebut.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Norma adalah seperangkat aturan berupa perintah atau larangan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama. Norma bersifat nyata, tegas, dan jelas. Pelanggar norma akan diberi hukuman (sanksi) tertentu. Cara untuk mempertahankan norma adalah dengan mematuhi norma tersebut, membiasakan mengamalkan norma dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajak orang lain untuk mematuhi norma tersebut. Macam-macam norma di masyarakat yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum. Tujuan dari norma dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk menciptakan kenyamanan, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi masyarakat, menciptakan ketentraman bagi masyarakat, dan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma.

Jadi, cara untuk mempertahankan norma adalah mematuhi norma tersebut, membiasakan mengamalkan norma dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajak orang lain untuk mematuhi norma tersebut.

Kata Kunci
cara untuk mempertahankan norma

Check Also

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah?

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah? Jawaban Naftol adalah senyawa …