Fungsi penyelanggaraan pemerintah

Jawabannya:
1. Fungsi Pelayanan
2. Fungsi Pengaturan
3. Fungsi Pembangunan
4. Fungsi Pemberdayaan

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya:

Penyelenggaraan pemerintahan suatu negara umumnya berpedoman pada
peraturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Di Indonesia,
penyelenggaraan pemerintahan negara sebagian besar berpijak pada
peraturan perundang-undangan. Fungsi dari penyelenggaraan pemerintahan antara lain yaitu:

1. Fungsi Pelayanan
Fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disemua sektor. Masyarakat tak akan dapat berdiri sendiri memenuhi kebutuhan tanpa adanya pemerintah yang memberikan pelayanan.

2. Fungsi Pengaturan
Pemerintah memiliki fungsi regulating ( pengaturan ) ialah pemerintah mengatur seluruh sektor dalam masyarakatdengan kebijakan-kebijakan dalam bentuk perundang-undangan entah berupa peraturan pemerintah, ataukah peraturan-peraturan yang lain. Sebagian maksud dari fungsi ini ialah agar stabilitas negara terjaga, dan pertumbuhan negara sesuai yang diinginkan.

3. Fungsi Pembangunan
Fungsi pembangunan dijalankan apabila situasi dankondisi masyarakat mulai melemah dan pembangunan akan dikontrol ketika kondisi masyarakat membaik(menuju taraf yang lebih sejahtera). Fungsi ini akan banyak di temui di negara-negara berkembang sedangkan, untuk Negara maju fungsi ini hanya akan dilakukan seperlunya.

4. Fungsi Pemberdayaan
Fungsi ini akan dijalankan oleh pemerintah apabila masyarakat sudah tidak mempunyai skill maupun kemampuan untuk bisa keluar zona aman disini tugas pemerintah di fungsi pemberdayaan ini. Salah satu contoh yaitu ketika kondisi masyarakat dalam keadaan tidak memiliki pengetahuan, dalam taraf kemiskinan,dalam keadaan tertindas, dan lain sebagainya.

Jadi, fungsi penyelenggaraan pemerintah fungsi pelayanan, fungsi pengaturan, fungsi pembangunan, dan fungsi pemberdayaan.

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …