ketahanan nasional berfungsi sebagai pengarah, yaitu

ketahanan nasional berfungsi sebagai pengarah, yaitu…
a. menentukan pola pikir, pola tindak, dan cara kerja inter sektor, antar sektor, dan multi disipliner
B. ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi ancaman dari luar maupun dari dalam
c. ketangguhan kekuatan nasional dalam kegiatan yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa
d. ketangguhan kekuatan pertahanan Nasional dan upaya untuk melindungi kepentingan bangsa dan negara demi terwujudnya kondisi kelangsungan hidup bangsa

Jawaban soal diatas adalah d. ketangguhan kekuatan pertahanan Nasional dan upaya untuk melindungi kepentingan bangsa dan negara demi terwujudnya kondisi kelangsungan hidup bangsa.

Cermati penjelasan berikut ya!
Ketahanan nasional adalah kondisi ideal suatu negara memiliki kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Ketahanan nasional menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Ketahanan nasional harus dibina serta dikembangkan secara terus menerus agar kehidupan masyarakat semakin terjamin.

Ketahanan nasional memiliki tiga fungsi utama, yakni:
1. Daya tangkal sebagai konsepsi penangkalan
Artinya ketahanan nasional berfungsi sebagai penangkal dari segala bentuk ancaman, gangguan ataupun hambatan terhadap integritas, identitas serta keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

2. Ketahanan nasional sebagai pengarah
Artinya ketahanan nasional berfungsi untuk mengarahkan potensi kekuatan yang dimiliki Bangsa Indonesia dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan serta keamanan, untuk mencapai kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

3. Pengarah dalam penyatuan pola pikir, pola tindak serta cara kerja yang intersektor serta multidisipliner
Hal ini bisa dicapai Bangsa Indonesia lewat kebijakan yang dibuat pemerintah dan menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar masyarakat dapat hidup adil dan makmur.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah d. ketangguhan kekuatan pertahanan Nasional dan upaya untuk melindungi kepentingan bangsa dan negara demi terwujudnya kondisi kelangsungan hidup bangsa.