Apa hasil sidang PPKI pertama dan kedua

Apa hasil sidang PPKI pertama dan kedua – Jawabannya adalah untuk sidang PPKI yang pertama ada 3 hasil sidang yaitu disahkannya UUD 1945, pengangkatan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, pembentukan komite nasional.

Sedangkan untuk hasil sidang PPKI yang kedua juga ada 3 hasil sidang yaitu pembagian provinsi di Indonesia, membentuk komite nasional daerah, serta pembentukan departemen dan menteri. Adapun pembahasannya sebagai berikut :

Hasil sidang PPKI pertama ada 3 yaitu :

1. Disahkannya UUD 1945
Hasil sidang PPKI yang diadakan pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah mengesahkan UUD 1945. UUD 1945 sebagai konstitusi yang mengandung landasan idealisme haruslah disahkan. Sebelum disahkan, rancangan batang tubuh UUD 1945 dibuat oleh organisasi BPUPKI.
2. Pengangkatan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
Selanjutnya adalah pengangkatan Ir. Soekarno menjadi presiden dan Drs. Moh Hatta menjadi wakil presiden. Usulan ini awalnya diajukan oleh Otto Iskandardinata yang merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Usulan tersebut diajukan secara aklamasi. Setelah itu terjadi pelantikan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden secara sah.
3. Pembentukan Komite Nasional
Komite nasional dibentuk untuk membantu presiden, beserta wakil presiden. Hal itu dikarenakan belum dibentuknya DPR maupun MPR, yang akhirnya akan memiliki peran penting hingga saat ini.

Hasil sidang PPKI yang kedua juga ada 3 yaitu :

1. Pembagian Provinsi di Indonesia
PPKI memutuskan untuk membagi wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi. Setiap provinsi akan memiliki kepala daerah yang berupa gubernur.. Provinsi tersebut yaitu :Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra. Kalimantan, Maluku dan Sulawesi
2. Membentuk Komite Nasional Daerah
Komite nasional daerah akan berada di tiap-tiap provinsi yang sudah dibagi menjadi 8 provinsi, pada putusan sebelumnya. Komite Nasional ini dibentuk untuk menjalankan tugasnya, yaitu membantu presiden.
3. Pembentukan Departemen dan Menteri
PPKI merancang pembentukan departemen yang terbagi menjadi 12 bagian, beserta menteri-menterinya yang akan membantu. Ada 12 kementrian kabinet pada setiap departemen yang akan menjalankan tugasnya. Serta dibentuk juga 4 menteri negara non-departemen.

Jadi , hasil sidang PPKI yang pertama yaitu disahkannya UUD 1945, pengangkatan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, pembentukan komite nasional .
Sedangkan hasil sidang PPKI yang kedua yaitu pembagian provinsi di Indonesia, membentuk komite nasional daerah, serta pembentukan departemen dan menteri.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …