sukarno ditetapkan sebagai presiden Indonesia pada sidang

Jawabannya adalah Ir. Sukarno ditetapkan menjadi sebagai presiden Indonesia pada Sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945.

Yuk mari simak pembahasannya!

Sidang PPKI pertama dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1945 di Chuo Sangi In yang sekarang menjadi Gedung Pancasila Jakarta. Hasil dan isi rumusan sidang tersebut terdapat tiga hal:
1. Mengesahkan UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia dan mengganti isi piagam Jakarta yakni kalimat “Ketuhanan Dengan Menjalankan Syariat Islam Bagi Pemeluknya” menjadi kalimat “Ketuhanan Yang Maha Esa”.
2. Menetapkan Sukarno-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. Penetapan ini tidak terlepas dari usulan Otto Iskandardinata dan disetujui oleh forum.
3. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat yang bertugas untuk membantu tugas-tugas presiden dan wakil presiden sebelum dibentuknya MPR-DPR.

Jadi, dengan demikian penetapan Sukarno-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia adalah pada saat sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …