alasan Pancasila ditetapkan menjadi dasar negara Indonesia

Jawabannya
Karena nilai-nilai yang dikandungnya diyakini oleh bangsa Indonesia sebagai pedoman hidup.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ya,
Dasar negara adalah pokok-pokok kaidah atau nilai-nilai yang menjadi dasar, pedoman, pegangan dan tujuan yang diyakini dan dipahami dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Dalam sidang PPKI pada tanggal 18 agustus 1945, salah satu keputusannya adalah menetapkan UUD 1945. Dalam UUD 1945 yang disahkan tersebut, yakni dalam pembukaan UUD 1945 tercantum rumusan dasar negara Pancasila. Pengesahan UUD 1945 tersebut sekaligus pengesahan Pancasila sebagai dasar negara.
Pancasila memuat pokok-pokok kaidah mengrenai segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah kenegaraan, yang mencakup hubungan antara manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan. Dan dalam hubungan ini terkandung nilai-nilai yang diyakini dan dipahami sebagai pedoman hidup bernegara bagi bangsa Indonesia.

Jadi, alasan Pancasila ditetapkan menjadi dasar negara Indonesia karena nilai-nilai yang dikandungnya diyakini oleh bangsa Indonesia sebagai pedoman hidup.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …