Jelaskan secara singkat keutamaan Ali bin Abi Thalib!

Jelaskan secara singkat keutamaan Ali bin Abi Thalib!

Jawaban untuk soal tersebut adalah orang yang memiliki kemuliaan dan ketakwaan.

Mari kita simak pembahasan berikut:

‘Ali bin Abi Thalib (‘Abdu Manaf) bin ‘Abdul Muththalib (Syaibah) adalah sepupu (anak dari saudara laki-laki ayah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) sekaligus menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari putri beliau, Fathimah Az-Zahra.

Beliau memiliki kulit berwarna sawo matang, bola mata beliau besar, dan berwarna kemerah-merahan, berperut besar, dan berkepala botak. Beliau berperawakan pendek dan berjanggut lebat. Dada dan kedua pundak beliau padat dan putih, beliau memiliki bulu dada dan bahu yang lebat, berwajah tampan, dan memiliki gigi yang bagus, ringan langkah saat berjalan.

Keutamaan ‘Ali bin Abi Thalib adalah :
1. Orang yang dijamin masuk surga ( H.R. Tirmidzi no. 3748. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sahih)
2. Rasulullah Mengumumkan di Khalayak Bahwa Allah dan Rasul-Nya Mencintai Ali (HR. Bukhari, no. 3009 dan Muslim, no. 2407
3. Kedudukan Ali di sisi Rasulullah seperti kedudukan Nabi Harun dan Nabi Musa ‘alaihimassalam (HR. Bukhari, no. 4416 dan Muslim, no. 2404. Lafaz hadits ini dari Bukhari)
4. Ayah dari Hasan dan Husein (pemimpin pemuda di surga) (HR. Tirmidzi, no. 3781. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).
5. Janji Rasulullah kepada ‘Ali bin Abi Thalib bahwa tidak ada yang mencintai ‘Ali bin Abi Thalib kecuali ia seorang mukmin, dan tidak ada yang membencinya kecuali ia seorang munafik. (HR. Muslim, no. 78)

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sahabat dan sepupu serta menantu Nabi yang memiliki kemuliaan dan ketakwaan.

Check Also

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah?

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah? Jawaban Naftol adalah senyawa …