Jelaskan pengertian hadis secara bahasa dan istilah​

Jelaskan pengertian hadis secara bahasa dan istilah​

Pengertian hadits menurut bahasa adalah sesuatu yang baru dan belum pernah ada. Sedangkan pengertian hadits menurut istilah adalah sebuah perkataan, perbuatan, dan ketetapan yang berasal dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan sbeagai acuan dan ketetapan hukum syariat Islam.

Pembahasan

Dalam agama Islamhadist merupakan sebuah tuntunan bagi umat muslim untuk menjalankan perintah agama. Hadits pada agama Islam diturunkan oleh Allah melalui perbuatan dan perkataan Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, hadits yang berasal dari Nabi Muhammad dianggap sebagai hadits yang mutlak kebenarannya. Pada umumnya, hadits terdiri dari banyak macam. Jika dilihat dari jumlah penuturnya, hadits terdiri dari beberapa macam, yakni:

  • Hadits mutawatir. Hadits mutawatir adalah sebuah hatits yang periwayatannya tidak mungkin berdusta.
  • Hadits ahad. Hadits ahad adalah hadits yang diriwayatkan oleh beberapa orang, tetapi belum memiliki ketetapan yang shahih.
  • Hadits shahih. Hadits shahih adalah hadits yang berasal dari Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh orang memiliki ingatan kuat dan isi kandungannya sesuai dengan Nabi Muhammad.
  • Hadits hasan. Hadits hasan adalah hadits yang memiliki banyak sumber.
  • Hadits dhaif. Hadits dhaif adalah hadits yang tidak bersambung dan dianggap cacat.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …