Sebutkan 3 tokoh yg berperan dalam perumusan proklamasi beserta tugas dan pendapatnya masing masing​

Sebutkan 3 tokoh yg berperan dalam perumusan proklamasi beserta tugas dan pendapatnya masing masing​…

Jawaban

3 tokoh yang berperan dalam proklamasi, yaitu:

  1. Soekarno, beliau merumuskan, dan menandatangani proklamasi.
  2. Laksamana Muda Tadashi Maeda, beliau yang memperbolehkan perumusan naskah proklamasi dilakukan di rumahnya, agar perumusan dapat berjalan dengan lancar.
  3. Sayuti Melik, beliau yang mengetik naskah proklamasi.

Pembahasan

Proklamasi kemerdekaan merupakan titik puncak perjuangan Indonesia mencapai kata merdeka. Dengan proklamasi, Indonesia dinyatakan merdeka secara sah. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sebelum memproklamasikan kemerdekaan, naskah proklamasi disusun terlebih dahulu. Naskah dirumuskan di rumah seorang Jepang, yaitu Tadashi Maeda. Saat itu, patroli Jepang sangatlah ketat, Tadashi Maeda menjamin keamanan mereka saat merumuskan naskah proklamasi.

Naskah proklamasi disusun pada tengah malam. Penyusunan naskah proklamasi diikuti oleh beberapa tokoh terkenal seperti Mohammad Hatta, M. Yamin, dan tokoh lainnya. Soekarno dibantu dengan tokoh lain merumuskan isi naskah proklamasi. Setelah itu, mereka sepakat Soekarno dan Hatta menandatangani proklamasi atas nama Indonesia.

Setelah naskah disusun dengan rapi, naskah dibawa dan diketik oleh Sayuti Melik atas perintah Soekarno. Pada pagi hari, tepat jam 10.00 WIB, proklamasi dibacakan.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …