Sahabat Utsman berprestasi membukukan al-Qur’an yang membantu umat Islam belajar membaca dan memahami isikandungannya. Hasil kerja keras khalifah Utsman ini menghasilkan pembukuan mushaf al-Qur’an yang kemudian disebut Mushaf Utsmani. Jika al-Qur’an tidak dibukukan maka akan terjadi

Sahabat Utsman berprestasi membukukan al-Qur’an yang membantu umat Islam belajar membaca dan memahami isikandungannya. Hasil kerja keras khalifah Utsman ini menghasilkan pembukuan mushaf al-Qur’an yang kemudian disebut Mushaf Utsmani. Jika al-Qur’an tidak dibukukan maka akan terjadi..

Jawaban

Jika Al-Qur’an tidak dibukukan, kemungkinan yang akan terjadi adalah Al-Qur’an sudah tidak lestari dan banyak ayat Al-Qur’an yang hilang.

Pembahasan

Pembukuan atau pengumpulan ayat Al-Qur’an dilakukan pada masa kekhalifahan Ustman bin Affan. Pembukuan atau pengumpulan ayat Al-Qur’an ini dimulai pada tahun ke-25 Hijriah.

Beberapa kemungkinan yang terjadi jika Al-Qur’an tidak dibukukan, yaitu:

  1. Umat Muslim kesulitan untuk mempelajari Al-Qur’an.
  2. Banyak isi Al-Qur’an yang hilang.
  3. Al-Qur’an tidak lestari.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya para hafidz (penghafal Qur’an) yang meninggal, terutama pada perang Riddah. Oleh karena itu, untuk mencegah kepunahan Al-Qur’an, dilakukan pembukuan atau pengumpulan ayat Al-Qur’an.

Check Also

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba Sebutkan pemberontakan yang berasal dari dalam!

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba …