Berilah beberapa contoh kriteria yang hendaknya dapat menjadi kemampuan terintegrasi dan terinternalisasi dalam diri guru IPS SD ketika mengembangkan materi pembelajaran

Berilah beberapa contoh kriteria yang hendaknya dapat menjadi kemampuan terintegrasi dan terinternalisasi dalam diri guru IPS SD ketika mengembangkan materi pembelajaran

Kriteria yang harus menjadi kemampuan untuk terintegrasi dan internalisasi dalam diri guru IPS SD saat mengembangkan bahan pembelajaran, yaitu:

  1. Pembelajaran IPS di sekolah dasar memerlukan pengembangan kemampuan untuk memahami berbagai fenomena sosial, termasuk literasi budaya, ruang dan waktu, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang berkaitan dengan kesinambungan dan perubahan.
  2. Pembelajaran IPS di sekolah dasar memerlukan pengembangan keterampilan komunikasi sosial, yaitu kemampuan memahami berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan.
  3. Pembelajaran IPS di sekolah dasar mengembangkan keterampilan dasar pemecahan masalah sosial yang perlu diajarkan kepada siswa selama proses pembelajaran.
  4. Pembelajaran IPS di sekolah dasar bersifat peka, peka, adaptif tetapi mengkritisi lingkungan dalam rangka menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang kaya dan harmonis dalam keberagaman.
  5. Pembelajaran IPS di sekolah dasar perlu mengembangkan dan mengintegrasikan kemampuan siswa menganalisis masalah sosial untuk memahami saling ketergantungan antara fenomena dan ide dalam memecahkan masalah sosial.

Pembahasan

Pendidikan IPS bertujuan untuk membantu peserta didik menjadi warga negara yang baik dengan pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk masyarakat dan negara

Untuk mencapai tujuan tersebut, proses pembelajaran IPS tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor), tetapi juga menghadapi dan menjalani kehidupan yang penuh dengan masalah, tantangan, kecacatan, dan persaingan, juga mencakup aspek moralitas yang diwujudkan melalui pendidikan IPS, siswa mengembangkan kemampuan mental dan intelektualnya untuk menjadi warga negara yang kompeten, terlibat secara sosial dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …