Apa yang di maksud dengan nyimak​?

Apa yang di maksud dengan nyimak​?

Jawaban:

Nyimak adalah bentuk tidak baku dari kata menyimak. Oleh karena itu, nyimak (menyimak) memiliki arti: mendengarkan dan memperhatikan baik-baik hal yang diucapkan atau disampaikan oleh orang lain.

Pembahasan:

Menyimak adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa, sekaligus merupakan kegiatan yang paling penting dalam proses tersebut. 4 bentuk dari keterampilan berbahasa tersebut antara lain:

  1. Keterampilan menyimak
  2. Keterampilan berbicara
  3. Keterampilan menulis
  4. Keterampilan membaca

Menurut Tarigan dalam bukunya, menyimak merupakan  proses memperhatikan lambang dan simbol lisan menggunakan perhatian penuh. Dari proses memperhatikan itu, kita bisa menarik pemahaman, apresiasi, serta interpretasi dalam mengolah isi dan maksud dari hal yang disampaikan lawan bicara.

Kata menyimak dalam bentuk tidak baku (nyimak) seringkali digunakan para pengguna internet untuk meninggalkan jejak di media sosial. Biasanya, ketika seorang pengguna media sosial ingin mengikuti thread yang sedang hangat, mereka akan meninggalkan komentar “nyimak” sehingga mereka dapat terus menerima notifikasi dari kolom tersebut.

Berikut adalah contoh penggunaan kata menyimak dan nyimak dalam kegiatan sehari-hari.

  • Kenapa kamu tidak menyimak Ibu? (baku)
  • Dia menyimak seluruh perkataanku dengan cermat. Kepalanya mengangguk-angguk. (baku)
  • Nyimak, Gan! (tidak baku)
  • Nggak asik cerita sama kamu. Nggak nyimak! (tidak baku)

 

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …