Arti kembang setaman?

Arti kembang setaman?

Jawaban:

Dalam kebudayaan Jawa, kita mengenal istilah kembang setaman. Arti dari kembang setaman adalah: beberapa jenis bunga khusus yang digunakan dalam acara-acara spiritual dan ritual khas kebudayaan Jawa. Bunga setaman terdiri dari mawar, melati, kanthil, dan kenanga.

Pembahasan:

Pemilihan kembang dalam bunga setaman tidak sembarangan. Masing-masing bunga memiliki makna filosofis, yakni:

  1. Kembang kanthil. Melambangkan rasa tansah kumanthil-kanthil yakni pengabdian yang mendalam dan tak putus-putus dari seorang hamba kepada Allah Swt. Karena hidup kita pada dasarnya adalah untuk saling menebarkan kasih sayang pada sesama, mulai dari orang tua hingga orang-orang asing yang tak kita kenal.
  2. Kembang mlathi (melati). Memiliki arti bahwa dalam melakukan suatu kebaikan, seharusnya kita juga melibatkan hati dan perasaan. Melati juga memiliki makna filosofis sebagai perlambang kesucian, ketulusan, dan ketidakmunafikan.
  3. Kembang “keneng-a!” (kenanga). Kita harus mencapai segala keluhuran yang pernah dicapai oleh para pendahulu. Sehingga, kita juga harus mengenang segala warisan dan pusaka seperti tradisi, kebudayaan, kesenian, dan tidak boleh melupakannya begitu saja.
  4. Kembang mawi-arsa (mawar). Memiliki simbol tawar alias hati yang tulus. Kita harus melakukan segala sesuatunya dengan tulus dan tanpa pamrih.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …