Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, mengapa kita tidak boleh diskriminasi warna kulit suku, agama, dan golongan​?

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, mengapa kita tidak boleh diskriminasi warna kulit suku, agama, dan golongan​?

Jawaban:

karena sebagai masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan maka kita harus menerapka nilai kemanusiaan dan di indonesia diskriminasi dilarang,  untuk mencegah terjadinya konflik sosial dan yang lebih berbahaya lagi apabila diskriminasi ini tidak dihindari akan terjadi genosida atau penghilangan ras dan etnik. dan untuk menjaga kesatuan NKRI.

berikut penerapan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  • Bersikap adil menjadi salah satu fondasi dalam mengamalkan Pancasila sila kedua. Di mana dalam setiap menyelesaikan masalah harus dilihat duduk permasalahannya. Bukan menitikberatkan pada latarbelakang individunya seperti suku, ras, budaya, dan lainnya.
  • Saling menghargai setiap orang memiliki hak untuk berpendapat. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bermasyarakat, sebaiknya saling menghargai pendapat orang lain. Kita tidak boleh memaksakan apa yang kita inginkan kepada orang lain. Karena jika hal itu dilakukan orang lain kepada kita, kita juga tidak akan terima.
  • Mencintai sesama dan tolong menolong Tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, dan pendidikannya. Saling mencintai antar sesama warga Indonesia, agar tercipta kerukunan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Sebagai individu yang berpegang teguh pada Pancasila, harus rela menolong siapa pun, kapanpun, dan di mana pun bagi orang lain yang membutuhkan.
  • Mengakui persamaan hak dan kewajiban Dalam kehidupan bermasyarakat, semua orang yang ada di Indonesia memiliki persamaan derajat di mata hukum. Sehingga sebagai warga negara hukum tidak ada hal yang membedakan antara warga yang satu dengan yang lain.
  • Tidak semena-mena dengan orang lain Sebagai warga negara Indonesia yang berpegang pada Pancasila, tidak boleh berbuat semena-mena kepada orang lain. Harus saling memanusiakan manusia, jangan berbuat semaunya sendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …