Manusia adalah salah satu makhluk biologis dan budaya, ada enam karakter yang melekat pada budaya.

Manusia adalah salah satu makhluk biologis dan budaya, ada enam karakter yang melekat pada budaya.

Jawaban

Manusia termasuk salah satu makhluk budaya, terdapat enam karakter yang ada pada budaya, yaitu

  1. Memiliki bahasa. Makhluk budaya membutuhkan alat untuk  berkomunikasi satu sama lain dan berinteraksi melalui bahasa
  2. Memiliki kesenian. Pencipta budaya yang hidup dalam tradisi yang berbeda  menghasilkan seni yang berbeda yang berbeda dari kelompok etnis yang berbeda.
  3. Mencari nafkah. Makhluk beradab memiliki sistem ekonomi dengan berbagai jenis tenaga kerja seperti perdagangan, pertanian dan peternakan.
  4. Memiliki sistem kemasyarakatan Sebagai entitas budaya, manusia  membentuk organisasi sosial dalam kehidupan sosial sebagai tempat  berkumpul, berinteraksi, dan bersaudara.
  5. Memiliki sistem pengetahuan tentang kehidupan di ekosistem. Kebudayaan mengakui bahwa ia hidup berdampingan dengan banyak spesies makhluk, termasuk flora dan fauna. Ini adalah cara untuk mengetahui bagaimana dia berperilaku terhadap makhluk lain, termasuk mengetahui bagaimana berinteraksi dengan manusia.
  6. Memiliki sistem religi. Agama sebagai  makhluk budaya yang hidup menghargai keberadaan suatu sistem kepercayaan, termasuk pelaksanaan ritual keagamaan.

Pembahasan:

Koentjaraningrat juga mengatakan bahwa kebudayaan dapat dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu

  1. Berupa ide, gagasan, nilai, norma, aturan yang bersifat abstrak. Ide itu hanya ada di benak mereka yang hidup dalam budaya yang bersangkutan. Nilai-nilai tersebut dalam kebudayaan mempunyai fungsi mengatur, mengendalikan dan mengarahkan tingkah laku, tingkah laku dan tingkah laku manusia dalam masyarakat. Nilai dalam inci.
  2. Dalam bentuk kegiatan dan perilaku yang terpola oleh orang-orang dalam masyarakat disebut sistem sosial yang dapat diamati. Nilai ini berupa perilaku dan bahasa ketika berinteraksi dalam masyarakat.
  3. Berbentuk manusia atau karya seni. Nilai ini terletak pada bentuk fisik budaya yang dapat diraba, dilihat dan didokumentasikan. Misalnya Candi Prambanan, topeng, rajut, jahit bendera.

 

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …