Dalam teknik bernyanyi dikenal ada 4 jenis pernapasan yaitu? a. pernapasan bahu b. pernapasan dada, c. pernapasan perut, d. pernapasan diafragma.

Dalam teknik bernyanyi dikenal ada 4 jenis pernapasan yaitu? a. pernapasan bahu b. pernapasan dada, c. pernapasan perut, d. pernapasan diafragma.

Jawaban

Dalam teknik bernyanyi dikenal ada 4 jenis teknik pernapasan yaitu pernapasan dada, pernapasan bahu, pernapasan perut dan pernapasan diafragma. Karena teknik pernapasan dalam bernyanyi menjadi salah satu teknik vokal yang berperan penting. Sehingga dibutuhkan latihan secara rutin dan berkelanjutan.

Pembahasan

Berikut ini penjelasan teknik pernapasan yaitu:

  • Pertama, ada teknik pernapasan bahu. Merupakan teknik pernapasan yang dilakukan dengan cara menarik napas sambil mengangkat bahu. Namun, kebanyakan cara ini tidak cukup baik dilakukan untuk bernyanyi.
  • Kedua, ada teknik pernapasan dada. Merupakan teknik pernapasan yang dilakukan dengan cara membusung dada, bagian tubuh akan mengembang. Tetapi kelemahan dari teknik  pernapasan dada ini penyanyi akan mudah untuk kehabisan napas. Jenis teknik pernapasan ini sifatnya sangat pendek, dan tidak cocok digunakan untuk vokal. Sehingga, bisanya dipakai untuk menghasilkan nada-nada yang rendah saja.
  • Ketiga, teknik pernapasan perut. Merupakan teknik pernapasan yang dilakukan dengan cara mengembangkan perut, agar udara dari luar dapat masuk. Sehingga, menghasilkan suara yang sangat keras. Tetapi pada teknik pernapasan perut ini udara yang masuk akan dengan cepat keluar. Sehingga membuat paru-paru menjadi lemah. Untuk itu teknik pernapasan perut ini tidak begitu baik dan kurang efektif untuk digunakan dalam bernyanyi atau vokal.
  • Keempat, teknik pernapasan diafragma. Merupakan teknik pernapasan yang dilakukan pada saat diafragma menegang, rongga perut akan menjadi longgar yang mana menyebabkan volume menjadi bertambah. Pada pernapasan diafragma ini udara akan ditarik sedalam mungkin untuk disimpan. Kemudian, udara yang telah disimpan dapat dikeluarkan secara perlahan-lahan dan teratur sewaktu bernyanyi. Teknik pernapasan diafragma ini merupakan teknik pernapasan yang optimal dalam bernyanyi unisono, karena penyanyi menghasilkan suara yang murni dengan napas yang panjang.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …