Apa yang terjadi saat tidak ada konsepsi wawasan nusantara?

Apa yang terjadi saat tidak ada konsepsi wawasan nusantara?

Jawaban

Yang terjadi saat tidak ada konsepsi wawasan nusantara adalah maka negara ini dapat dijajah kembali oleh bangsa lain. Bahkan dapat menjadi negara yang hancur yang disebabkan tidak adanya lagi rasa persatuan dan kesatuan diantara para warga negara dan tidak adanya rasa untuk melindungi bangsa secara utuh sehingga dapat mudah terombang-ambing dan terpengaruh oleh bangsa lain.

Pembahasan

Wawasan nusantara merupakan salah satu cara pandang terhadap bangsa dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan yang diwujudkan dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan tertentu. Ada beberapa fungsi wawasan nusantara, yaitu:

  1. Wawasan pertahanan dan Keamanan nasional merupakan dengan mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Dengan demikian, pandangan tersebut mancakup tanah air serta segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Wawasan kewilayahan Indonesia, merupakan yang termasuk pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain.
  3. Wawasan pembangunan merupakan dengan beberapa unsur didalamnya yaitu sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi dan sosial ekonomi.
  4. Konsep ketahanan nasional, merupakan konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan dan pertahanan keamanan nasional

Ada beberapa asas wawasan nusantara, yaitu:

  1. Asas Solidaritas.
  2. Asas kejujuran.
  3. Asas kesamaan tujuan.
  4. Asas keadilan.
  5. Asas kerja sama.

Check Also

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba Sebutkan pemberontakan yang berasal dari dalam!

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba …