Apa hubungan kerajaan Perlak dengan kerajaan samudra Pasai?

Apa hubungan kerajaan Perlak dengan kerajaan samudra Pasai?

Jawaban

hubungan kerajaan Samudera Pasai dengan Perlak sangatlah dekat karena masih ada hubungan kerabat akibat dinikahkannya salah satu puteri dari raja Perlak dengan raja Samudera Pasai yaitu Sultan Malik Al-Saleh.

Pembahasan :
Kesultanan Peureulak atau Kesultanan Perlak adalah kerajaan Islam di Indonesia yang berkuasa di sekitar wilayah Peureulak, Aceh Timur, Aceh. Disebut-sebut muncul antara tahun 840 sampai dengan tahun 1292. Peureulak atau Perlak terkenal sebagai suatu daerah penghasil kayu perlak, jenis kayu yang sangat bagus untuk pembuatan kapal, dan karenanya daerah ini dikenal dengan nama “Negeri Perlak”. Sultan ke-17 Perlak, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin Shah II Johan Berdaulat (memerintah 1230 – 1267) menjalankan politik persahabatan dengan menikahkan dua orang putrinya dengan penguasa negeri tetangga Peureulak. Salah satunya putrinya yaitu Putri Ganggang, dinikahkan dengan Raja Kerajaan Samudera Pasai yaitu Al Malik Al-Saleh.

Sultan terakhir Perlak adalah sultan ke-18, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan Berdaulat (memerintah 1267 – 1292). Setelah ia meninggal, Perlak disatukan dengan Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan sultan Samudera Pasai, Sultan Muhammad Malik Al Zahir, putra Al Malik Al-Saleh.

Maka demikianlah, hubungan kerajaan Samudera Pasai dengan Perlak sangatlah dekat karena masih ada hubungan kerabat akibat dinikahkannya salah satu puteri dari raja Perlak dengan raja Samudera Pasai yaitu Sultan Malik Al-Saleh.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …