Apa perbedaan organisasi dengan kelompok?

Apa perbedaan organisasi dengan kelompok?

Jawaban:

Perbedaan organisasi dengan kelompok adalah:

Kelompok merupakan suatu kumpulan anggota yang ingin membuat ruang untuk menampilkan aktivitas mereka, kolaborasi maupun berbagai informasi. Yang pada umumnya sebuah kelompok tidak memiliki situs web dan identitas yang tidak lebih dari organisasi. Sedangkan

Organisasi merupakan  suatu wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional bahkan sistematis yang terpimpin maupun terkendali dalam mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya dan yang pada umumnya memiliki situs web sendiri.

Pembahasan:

Kelompok merupakan suatu kumpulan anggota yang ingin membuat ruang untuk menampilkan aktivitas mereka, kolaborasi maupun berbagai informasi. Yang pada umumnya sebuah kelompok tidak memiliki situs web dan identitas yang tidak lebih dari organisasi.  Ada beberapa faktor-faktor yang mendorong mantapnya suatu kelompok sosial, antara lain:

  1. Dengan adanya interaksi antara orang-orang yang ada dalam suatu kelompok.
  2. Ikatan emosional.
  3. Dengan tujuan maupun kepentingan yang dipatuhi dalam rangka mencapai tujuan.
  4. Kepemimpinan yang dipatuhi dalam rangka mencapai tujuan.
  5. Dengan norma yang diakui oleh mereka yang terlibat didalamnya.

Organisasi merupakan suatu wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional bahkan sistematis yang terpimpin maupun terkendali dalam mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Ada beberapa ciri-ciri organisasi, yaitu:

  • Memiliki tujuan dan sasaran.
  • Memiliki keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
  • Dengan adanya kerja sama dari sekelompok orang.
  • Memiliki koordinasi tugas maupun wewenang.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak