Berapa besaran zakat fitrah dalam bentuk uang?

Berapa besaran zakat fitrah dalam bentuk uang?

Jawaban:

Nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp45.000,-/jiwa, atau menyesuaikan harga beras yang dikonsumsi yakni setara 3,5 Liter.

Pembahasan:

Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang dihukumkan wajib atas setiap muslim baik laki-laki dan perempuan, anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir pun sudah diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah ditunaikan satu tahun sekali yakni di bulan Ramadhan, dan afdholnya dibayarkan menjelang hari raya Idul Fitri.

Zakat fitrah ditunaikan sebagai bentuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, saling berbagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Adapun kriteria seseorang yang wajib membayar zakat fitrah yakni merupakan seorang muslim merdeka dan bukan berstatus budak atau hamba sahaya, memiliki kelebihan makanan pada malam dan siang hari raya Idul Fitri, serta menemui hari-hari bulan Ramadhan dan awal jatuhnya satu Syawal. Apabila seseorang meninggal setelah terbenamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan (29 atau 30 Ramadhan), ia masih dikenai zakat fitrah. Begitu pula, anak yang lahir sebelum matahari terbenam pada akhir Ramadhan, ia tetap dikenai zakat fitrah.

Adapun besaran nilai yang harus dibayarkan untuk zakat fitrah yakni berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Adapun nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …