Peluang seorang pelamar kerja dapat diterima adalah 0,7. dari 5000 pelamar yang terdaftar. berapa orang yang diperkirakan tidak diterima kerja?

Peluang seorang pelamar kerja dapat diterima adalah 0,7. dari 5000 pelamar yang terdaftar. berapa orang yang diperkirakan tidak diterima kerja?

Jawaban:

Peluang seorang pelamar kerja dapat diterima adalah 0,7. dari 5000 pelamar yang terdaftar. Berapa orang yang diperkirakan tidak diterima kerja adalah 1500 pelamar

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Peluang atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep peluang matematika telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas tidak hanya dalam matematika atau statistika, tetapi juga keuangan, sains dan filsafat.

Pengertian peluang

Peluang dapat diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa. Dalam setiap permasalahan ada ketidakpastian yang disebabkan suatu tindakan yang kadang-kadang berakibat lain. Misalnya contoh tadi yaitu sebuah mata uang logam yang dilemparkan ke atas akibatnya dapat muncul sisi gambar (G) atau sisi angka (A), maka sisi yang akan muncul tidak dapat dikatakan secara pasti.

Nilai Peluang

Nilai-nilai peluang yang diperoleh berkisar antara 0 sampai dengan 1. Untuk setiap kejadian A, batas-batas nilai P(A) secara matematis ditulis sebagai berikut.

0 ≤ P (A)  ≤ 1 dengan P(A) adalah peluang suatu kejadian A

Ada juga peluang kejadian yang bernilai antara 0 dan 1, berarti kejadian tersebut mungkin terjadi. Misalnya peluang seorang murid menjadi juara kelas. Jika L merupakan kejadian komplemen dari kejadian A maka peluang kejadian L adalah 1- peluang kejadian A. Secara matematis ditulis.

P (L)  = 1 – P(A) atau P(L) + P(A) = 1

Diketahui:

Peluang seorang pelamar kerja dapat di terima adalah 0,7 dari 5000 pelamar yang terdaftar

Ditanyakan:

Berapa orang yang diperkirakan tidak diterima kerja?

Jawab:

Banyak Pelamar = 5000 pelamar

Peluang yang diterima P(A) = 0,7

Peluang yang tidak diterima = 1-P(A) =1 – 0,7 = 0,3

Banyak orang yang diperkirakan tidak diterima = 0,3 x 5000 = 1500 pelamar

 

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …