Ragam bahasa Indonesia dalam Quran surah As-saffat ayat 102​

Ragam bahasa Indonesia dalam Quran surah As-saffat ayat 102​

Jawaban:

Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang diucapkan sesuai dengan situasi dan kondisi mengenai topik apa yang sedang dibicarakan. Dalam hal ini, kita sedang membicarakan mengenai Al – qur’an surah as – saffat ayat 102 yang berisi perintah untuk berkurban yang berbunyi:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعْىَ قَالَ يَٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلْمَنَامِ أَنِّىٓ أَذْبَحُكَ فَٱنظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَٰٓأَبَتِ ٱفْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰبِرِينَا(١٠٢)

Artinya: Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Jika dilihat dari arti surah as – saffat ayat 102 diatas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ragam bahasa Indonesia yang terdapat dalam surat tersebut adalah ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan yaitu perintah untuk berkurban. Jadi, surah yang digunakan untuk mempertegas perintah berkurban adalah surah yang berkaitan dengan penyembelihan terhadap sesuatu.

Pembahasan:

Ragam bahasa adalah suatu variasi bahasa yang disesuaikan dengan penggunaannya, topik pembicaraan, hubungan antar pembicara, lawan bicara dan media pembicaraan.

Jenis ragam bahasa indonesia ada tiga yaitu:

  1. Ragam bahasa berdasarkan standar adalah variasi bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bersifat umum.
  2. Ragam bahasa berdasarkan media adalah variasi bahasa yang digunakan untuk tujuan mediasi dalam bentuk lisan dan tulisan.
  3. Ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan adalah variasi bahasa yang digunakan berdasarkan topik yang sedang dibicarakan, contoh topik politik, agama atau ilmu pengetahuan.

Salah satu jenis ragam bahasa yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari – hari adalah ragam bahasa lisan dan tulisan.

Ragam bahasa lisan adalah ragam bahasa yang diungkapkan melalui ucapan. Ciri – ciri ragam bahasa lisan antara lain:

  • Memerlukan lawan bicara.
  • Terikat oleh ruang dan waktu.
  • Dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suara pembicara.

Ragam bahasa tulisan adalah ragam bahasa yang diungkapkan melalui tulisan. Ciri – ciri ragam bahasa tulisan antara lain:

  • Tidak memerlukan lawan bicara.
  • Tidak terikat oleh ruang dan waktu.
  • Dipengaruhi oleh tanda baca atau ejaan.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …