Sebutkan dan jelaskan apa itu bagian-bagian panca Sradha!

Sebutkan dan jelaskan apa itu bagian-bagian panca Sradha!

Jawaban:

Panca Sradha adalah lima keyakinan yang dimiliki oleh umat Hindu.

Bagian – bagian dari Panca Sradha adalah sebagai berikut:

  1. Percaya adanya Brahman artinya umat Hindu mempercayai bahwa hanya ada satu Tuhan yaitu Tuhan Yang Maha Esa/Sang Hyang Widi Wasa. Hal tersebut telah tertuliskan dalam Chandogya Upanisad yang berbunyi “Ekam Eva Avityam Brahman” yang artinya “Tuhan itu hanya satu tidak ada yang kedua”.
  2. Percaya adanya Atman. Atman adalah sinar suci dari Brahman (Tuhan Yang Maha Esa). Atman bersifat kekal sehingga dalam proses kehidupan dikenal dengan adanya Reinkarnasi. Reinkarnasi adalah kehidupan kembali dengan Atman yang sama dengan kehidupan sebelumnya.
  3. Percaya adanya Karmaphala. Karmaphala terdiri dari kata karma yang berarti perbuatan dan phala yang berarti hasil. Jadi karmaphala berarti hasil dari perbuatan yang dilakukan. Agama Hindu mengenal adanya hukum karmaphala yaitu hukum sebab akibat dimana setiap perbuatan yang dilakukan akan mendapatkan hasilnya.
  4. Percaya adanya Punarbhawa. Punarbhawa terdiri dari kata punar yang berarti kembali dan bhawa yang berarti kelahiran. Jadi punarbhawa adalah kelahiran kembali. Punarbhawa juga sering disebut dengan Reinkarnasi. Masyarakat agama Hindu yakin bahwa semua makhluk hidup akan mengalami reinkarnasi.
  5. Percaya adanya Moksa. Moksa terdiri dari akar kata muc yang berarti bebas maksudnya bebas dari segala ikatan karma, ikatan duniawi (suka dan duka) ikatan hidup, ikatan cinta kasih. Mereka yang telah mencapai Moksa, maka jiwanya telah mengalami kebahagiaan dan ketenangan yang kekal dan sesungguhnya.

Pembahasan:

Panca Sradha terdiri dari dua kata yaitu Panca dan Sradha. Panca artinya lima, sradha artinya keyakinan. Jadi, panca sradha adalah lima keyakinan yang dimiliki oleh umat Hindu.

Bagian – bagian dari panca sradha adalah sebagai berikut:

  1. Percaya adanya Brahman
  2. Percaya adanya Atman.
  3. Percaya adanya Karmaphala.
  4. Percaya adanya Punarbhawa.
  5. Percaya adanya Moksa.

Dalam ajaran agama Hindu, tujuan akhir hidup manusia ada empat yaitu:

  1. Dharma adalah bakti seseorang yang dianggap dapat menuntun umat manusia dalam mencapai kebahagiaan dan keselamatan.
  2. Artha adalah semua benda yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  3. Kama adalah hawa nafsu, keinginan, dan kesenangan yang dimiliki oleh setiap manusia.
  4. Moksa adalah kebahagiaan atau ketenangan yang bersifat kekal.

Check Also

Wuquf merupakan rangkaian proses ibadah yang harus dilakukan oleh jamaah haji. Wuquf di padang Arafah dilaksanakan pada tanggal

Wuquf merupakan rangkaian proses ibadah yang harus dilakukan oleh jamaah haji. Wuquf di padang arafah …