Sebutkan dua faktor yang menyebabkan Indonesia dikenal bangsa-bangsa lain!​

Sebutkan dua faktor yang menyebabkan Indonesia dikenal bangsa-bangsa lain!​

Jawaban:

Dua faktor yang menyebabkan Indonesia terkenal oleh bangsa-bangsa lain adalah keadaan geografis Indonesia dan sumber daya alam yang dimiliki.

Pembahasan:

Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang terletak di Asia Tenggara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Osenania, serta antara samudera Pasifik dan samudera Hindia. Indonesia merupakan negara terbesar ke 14 sekaligus Negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa Negara di Asia Tenggara seperti Kalimantan berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Ibu kota Negara Indonesia adalah Jakarta hingga saat ini. Adapun dua hal yang membuat Indonesia terkenal oleh bangsa-bangsa lain adalah sebagai berikut:

  • Keadaan geografis yang terletak di titik koordinat 6°LU-11°LS dan 95°-141°BT yang membentang sepanjang 5.120 kilometer dari timur ke barat. Iklim di Indonesia adalah iklim tropis yang terletak di garis khatulistiwa. Dari letak garis khatulistiwa ini Indonesia dikenal juga sebagai Negara jalur perdagangan laut yang dilintasi oleh Negara-negara lain. Dan jalur perdagangan ini juga membuat Indonesia menerima pemasukan-pemasukan. Letak geografis Indonesia juga memiliki pengaruh terhadap keindahan alam Indonesia yang terbukti dengan banyaknya turis asing yang masuk ke Indonesia
  • Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam yang sering membuat mata dunia menjadi sangat terpukau. Sumber daya alam berupa gunung berap, sabana, danau, pegunungan karst hingga pantai dan laut yang sering memanjakan mata. Selain itu, Indonesia sangat terkenal dengan rempah-rempah yang ada.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …