Tuliskan perbedaan prolog, dialog, dan epilog !

Tuliskan perbedaan prolog, dialog, dan epilog !

Jawaban:

Perbedaan prolog,dialog, dan epilog adalah sebagai berikut.

  • Prolog merupakan bingkai dari sebuah drama. Prolog merupakan pengantar untuk masuk ke dalam sebuah drama. Isinya adalah gambaran umum mengenai drama yang akan dimainkan.
  • Dialog merupakan bagian dari naskah drama yang berupa percakapan antara satu tokoh dengan tokoh yang lain. Dialog dalam drama meliputi bagian orientasi, komplikasi,dan resolusi.
  • Epilog adalah bagian terakhir dari pementasan drama. Isinya merupakan kesimpulan dari drama yang dimainkan. Epilog biasanya memuat makna dan pesan dari drama yang dimainkan.

Pembahasan:

Istilah prolog, dialog dan epilog terdapat pada sebuah drama. Drama adalah sebuah perwujudan dari imajinasi berupa percakapan atau tindakan yang melibatkan kegiatan kehidupan manusia yang dituangkan dalam sebuah karya. Jadi, drama tak hanya menceritakan sebuah kisah seperti cerpen atau novel melainkan diperankan oleh tokoh-tokoh yang menampilkan setiap adegan secara nyata. Salah satu contoh drama adalah sinetron yang sering kita saksikan pada layar televisi.

 

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai struktur drama.

  1. Prolog merupakan bingkai dari sebuah drama. Prolog merupakan  bagian awal atau pengantar untuk masuk ke dalam sebuah drama. Isinya adalah gambaran umum mengenai drama yang akan dimainkan.
  2. Dialog merupakan bagian dari naskah drama yang berupa percakapan antara satu tokoh dengan tokoh yang lain, dapat juga dikatakan bahwa dialog sebagai alat komunikasi antar tokoh. Dialog dalam drama meliputi bagian orientasi, komplikasi,dan resolusi.
  3. Epilog adalah bagian terakhir dari pementasan drama. Isinya merupakan kesimpulan dari drama yang dimainkan. Epilog biasanya memuat makna dan pesan dari drama yang dimainkan.

Unsur-unsur drama

  1. Tokoh dan penokohan : tokoh adalah orang yang melakonkan sebuah drama sementara penokohan adalah karakter atau sifat dari tokoh yang memerankan drama.
  2. Tema: ide cerita yang mendasari sebuah drama.
  3. Alur : merupakan serangkaian peristiwa dari mulai pembukaan sampai penutupan drama
  4. Setting: disebut juga dengan latar merupakan semua keterangan mengenai tempat, waktu serta suasana yang menjadi bagian cerita.
  5. Amanat: berisi pesan yang ingin disampaikan penulis kepada penikmat drama.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …