Manusia tidak melakukan kegiatan sehari-hari seorang diri karena itu manusia disebut sebagai makhluk?

Manusia tidak melakukan kegiatan sehari-hari seorang diri karena itu manusia disebut sebagai makhluk?

Jawaban:

Manusia yang tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seorang diri ialah disebut dengan manusia sebagai makhluk sosial.

Pembahasan:

Hakikat manusia adalah konsep yang mendasari manusia dan eksistensinya di dunia. Hakikat manusia dibedakan menjadi dua, yaitu ;

1. Manusia sebagai Makhluk Individual

Manusia sebagai makhluk individu artinya manusia memiliki kepribadian yang unik. Dimana manusia memiliki penampilan fisik, kemampuan, kebutuhan, feeling, dan sikap yang berbeda beda antara manusia satu dengan lainnya. Sebagai makhluk individu manusia memiliki hak kebebasan dalam menentukan pilihan dan harus bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut. Sebagai makhluk individu hendaknya manusia memiliki sikap toleransi dan kerjasama yang baik dalam bermasyarakat.

2. Manusia sebagai Makhluk Sosial

Manusia memiliki kodrat sebagai makhluk sosial jika menurut Aristoteles, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri. Dikarenakan tidak dapat hidup sendiri maka sebagai makhluk hidup kita harus senantiasa bergaul dan berinteraksi dengan manusia lain, baik dalam bermasyarakat ataupun yang lainnya. Dalam bermasyarakat sebagai makhluk sosial hendaknya kita memiliki sikap kerjasama dan solidaritas yang baik antara satu sama lain.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …