Jelaskan pengertian peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi dan contoh keterkaitannya dalam konteks pembelajaran IPS di SD kelas 3 dan 4!

Jelaskan pengertian peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi dan contoh keterkaitannya dalam konteks pembelajaran IPS di SD kelas 3 dan 4!

Jawaban

Pada konteks pembelajaran IPS SD kelas 3 & 4 membahas mengenai pengertian peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi.

  • Peristiwa bisa juga disebut dengan kejadian atau hal hal yang pernah terjadi. Peristiwa dapat diartikan sebagai kejadian yang pernah terjadi yang masih harus dibuktikan kebenarannya.
  • Fakta dapat diartikan sebagai peristiwa atau kejadian yang sungguh sungguh terjadi dan dapat dipastikan kebenarannya.
  • Konsep merupakan suatu istilah penamaan sesuatu yang digunakan dengan tujuan mengkategorikan suatu kelompok guna membantu berfikir dan memecahkan masalah.
  • Generalisasi dapat diartikan sebagai penggabungan dua konsep yang disatukan dalam bentuk kalimat yang dapat dijadikan suatu konsep dalam pembelajaran IPS.

Contoh keterkaitannya :

Ketika memiliki topik Indonesia, kita juga harus mengetahui peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi mengenai Indonesia. Peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia misalnya peristiwa Bandung Lautan Api diikuti fakta mengenai Kota Bandung atau kota yang berkaitan dengan peristiwa tersebut atau fakta bahwa Indonesia memiliki banyak sekali wilayah. Konsepnya  misal kondisi wilayah di Indonesia, wilayah daratan dan lain lain. Generalisasinya mengenai kondisi wilayah di Indonesia mengakibatkan adanya hubungan dagang antara wilayah satu dengan yang lainnya, atau pengembangan teknologi antara wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Pembahasan

Konteks pembelajaran IPS kurikulum SD kelas 3&4 diantaranya membahas mengenai :

  • Peristiwa bisa juga disebut dengan kejadian atau hal hal yang pernah terjadi. Peristiwa dapat diartikan sebagai kejadian yang pernah terjadi yang masih harus dibuktikan kebenarannya. Sifat peristiwa itu dibedakan menjadi dua, peristiwa bersifat alamiah dan peristiwa bersifat insaniah. Peristiwa dikatakan bersifat alamiah jika terjadi secara alami contohnya gempa, tsunami, banjir dan lain lain. Sedangkan peristiwa dikatakan bersifat insaniah jika manusia terlibat didalamnya, contohnya pemilu.
  • Fakta dapat diartikan sebagai peristiwa atau kejadian yang sungguh sungguh terjadi dan dapat dipastikan kebenarannya. Contoh fakta ialah Jakarta adalah ibukota Indonesia, Tanggal 17 Agutus 1945 diperingati sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Konsep merupakan suatu istilah penamaan sesuatu yang digunakan dengan tujuan mengkategorikan suatu kelompok guna membantu berfikir dan memecahkan masalah. Konsep misalnya ketika kita mengatakan negara untuk siswa akan lebih mudah dimengerti jika memberi contohnya seperti Indonesia, Malaysia, Singapura.
  • Generalisasi dapat diartikan sebagai penggabungan dua konsep yang disatukan dalam bentuk kalimat yang dapat dijadikan suatu konsep dalam pembelajaran IPS.

Keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi ialah sangat berkaitan antara satu sama lain. Dimana setiap peristiwa menjadi dasar pengajaran kepada siswa yang kemudian diikuti oleh fakta, konsep, dan generalisasi.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …