Susunan lithosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah

Susunan lithosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah

Jawaban:

Susunan lithosfer atau kulit bumi dari dalam hingga ke permukaan bumi ialah Inti bumi atau barisfer, mantel bumi atau selimut bumi, dan kerak bumi.

Pembahasan:

Lithosfer berasal dari kata lithos yang berarti batu dan sphaira yang berarti bulatan, dengan kata lain lithosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan yang mengikuti bentuk bumi. Lithosfer atau kulit bumi terdiri atas 2 lapisan, yaitu :

  1. Lapisan Sial adalah lapisan yang tersusun atas logam silisium dan alumunium. Lapisan ini merupakan lapisan kerak yang bersifat padat dan kaku dengan ketebalan kurang lebih 35 km.
  2. Lapisan Sima adalah lapisan kulit bumi yang disusun oleh logam silisium dan magnesium dan memiliki berat jenis yang lebih besar dibandingkan lapisan sial. Lapisan ini merupakan bahan yang bersifat elastis dan memiliki ketebalan kurang lebih 65 km.

Lapisan penyusun bumi terdiri dari 4 lapisan yaitu kerak bumi, mantel bumi, inti luar bumi dan inti dalam bumi.

  1. Kerak Bumi atau Lithosfer ialah lapisan terluar dari bumi yang digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Lapisan ini terdiri dari batuan beku dan batuan metamorf. Kerak bumi memiliki ketebalan kurang lebih 1.200 km, Pada kerak bumi juga terdiri dari lapisan sial yaitu kerak benua dan kerak samudera.
  2. Mantel bumi atau Astenosfer merupakan lapisan yang berada di bawah lithosfer yang terdiri atas batuan padat dan di bawahnya adalah batuan liqiud. Mantel bumi juga biasa disebut dengan lapisan selimut bumi atau selubung bumi. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung bagian dalam bumi.
  3. Inti bumi atau Barisfer adalah lapisan yang tersusun atas nikel dan besi, pada lapisan ini terdiri atas 2 lapisan yaitu inti dalam bumi dan inti luar bumi. Inti dalam bumi berwujud padat sedangkan inti luar bumi berwujud cair.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …