Deskripsikan perkembangan ekonomi berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana!

Deskripsikan perkembangan ekonomi berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana!

Jawaban:

Kehidupan ekonomi pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana ini adalah mereka bertahan hidup dengan cara berburu dan meramu yang menggunakan berbagai alat dari tulang, batu, kulit kayu yang dibuat secara kasar. Manusia pada masa ini hidup secara nomaden mengikuti sumber air dan gerak binatang serta hidup secara berkelompok dalam kelompok kecil.

Pembahasan:

Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana juga dikenal dengan sebutan Zaman Batu Tua atau Zaman Paleolitikum. Berburu dan mengumpulkan makanan adalah bentuk adaptasi pertama manusia yang paling berhasil, pada masa ini manusia menggantungkan hidupnya pada alam dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Hewan hewan yang diburu diantaranya ialah rusa, kuda, babi, kijang, kerbau, gajah. Pada masa ini keadaan alam masih belum stabil atau masih berubah ubah. Manusia pendukung pada masa ini ialah Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Soloensis, dan Homo Wajakensis.

Karena berburu menjadi sarana bertahan hidupnya maka manusia pada masa ini bertempat tinggal secara nomaden atau berpindah pindah mengikuti gerak binatang buruannya serta sumber air yang ada. Manusia purba pada masa ini hidup dalam kelompok kelompok kecil dan memiliki bentuk interaksi atau komunikasi berupa bentuk bunyi mulut atau gerakan badan (bahasa isyarat). Serta sudah memiliki pembagian kerja yang sederhana antara laki laki dengan perempuan.

Karena ciri manusia pada masa ini bertahan hidup dengan berburu maka mereka membuat peralatan hidup dan berburu dari tulang, kulit kayu, batu, dan tulang binatang. Alat-alat tersebut pun masih sangat sederhana dalam membuatnya dikarenakan perkembangan otak yang masih sangat sederhana. Alat-alat tersebut berupa kapak genggam, kapak penetak, kapak perimbas, alat serpih, flakes, serta alat alat tulang.

Pada masa ini juga sudah mulai mengenal yang namanya kepercayaan yaitu mengenal adanya penguburan mayat orang yang sudah meninggal sehingga adanya hubungan kepercayaan antara orang yang meninggal dengan yang masih hidup.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …