Timbulnya kerajaan-kerajaan islam di sepanjang pantai sumatra jawa kalimantan

Timbulnya kerajaan-kerajaan islam di sepanjang pantai sumatra jawa kalimantan

Jawaban:

Sejak bangsa Portugis berhasil mengambil alih kekuasaan di Malaka, maka muncul kerajaan-kerajaan Islam di sepanjang pantai Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Pembahasan:

Pada saat seorang laksamana Portugal yang bernama Afonso de Albuquerque berhasil menduduki kota Malaka pada tahun 1511, maka jatuhlah kota Malaka ke tangan bangsa Portugis. Di Malaka terdapat pelabuhan yang lokasinya sangat strategis terutama dalam hal perdagangan. Pelabuhan tersebut merupakan pusat perdagangan di selat Malaka serta berada pada jalur dagang antara India dan Tiongkok. Oleh karena itu, sejak Malaka berhasil dikuasai oleh Portugis maka para pedagang Islam tidak ingin kehilangan eksistensinya, sehingga akibatnya muncul banyak kerajaan-kerajaan Islam di sepanjang pantai Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …